Semangka Berpotensi Turunkan Darah Tinggi

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 00:40
Semangka Berpotensi Turunkan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa dialami oleh siapapun. Darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap arteri terlalu tinggi. biasanya, darah tinggi didefinisikan sebagai tekanan darah diatas 140/90 dan dianggap parah jika tekanan darah mencapai lebih dari 180/120.

Tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala. Jika tidak segera mendapatkan penanganan maka dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi dapat berkurang risikonya dengan menerapkan pola makan sehat dengan sedikit garam, olahraga rutin dan konsumsi obat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, cara alami untuk menurunkan tekanan darah yakni dengan mengonsumsi buah semangka. Mungkin manfaat semangka dalam menurunkan tekanan darah tinggi tidak sepopuler buah belimbing, mentimun hingga seledri. Namun, nyatanya semangka mengandung kaya serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan citrulline pada semangka sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi. Citrulline merupakan asam amino atau komponen pembentuk protein yang dapat melebarkan dan melemaskan pembuluh darah. Sehingga memperlancar aliran darah dalam tubuh dan tekanan di pembuluh darah pun berkurang.

Hal tersebut sudah terbukti dari beberapa penelitian. Sebuah penelitian pada tahun 2016 menyatakan bahwa tekanan darah akan menurunkan darah hingga 4-15 persen setelah mengonsumsi citrulline selama delapan minggu. Sementara pada tekanan darah yang normal juga dapat menurun setelah mengonsumsi citrulline sebanyak 6-16% setelah mengonsumsinya selama tujuh hari.

Perlu diketahui pula jika kadar citrulline ini berbeda-beda pada setiap buah semangka. Jadi, tidak bisa dipastikan berapa banyak buah semangka yang harus dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Tapi, Anda tidak boleh mengonsumsi semangka secara berlebihan ya. Mengonsumsi semangka dalam jumlah banyak bisa membuat Anda jadi darah rendah. Untuk menurunkan darah tinggi sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan buah semangka.

(Foto: the singapore women weekly)

Artikel Asli