Wapres Ma`aruf Amin Pakai Pattuqduq Towaine, Ini Filosofi di Baliknya

okezone | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 11:53
Wapres Ma`aruf Amin Pakai Pattuqduq Towaine, Ini Filosofi di Baliknya

SEPERTI Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Maaruf Amin pun hadir dengan setelan busana adat. Adapun pakaian yang digunakan oleh Wapres kali ini adalah busana khas Suku Mandar dari Sulawesi Barat, Pattuqduq Towaine.

Sama halnya dengan berbagai busana adat tradisional dari banyak daerah lainnya di Indonesia. Baju adat suku Mandar, Pattuqduq Towaine seperti yang dipakai Wakil Presiden KH. Maaruf Amin tersebut juga tentu punya filosofi tersendiri yang terkandung di dalamnya.

Adapun baju tersebut adalah Pattuqduq Towaine berupa atasan jas warna hitam, celana panjang kain hitam dan sarung warna merah yang dililitkan di bagian pinggang.

Maruf Amin

Secara desain, berbeda dengan baju Pattuqduq Towaine untuk perempuan yang punya berbagai variasi motif dan desain. Pattuqduq Towaine yang diperuntukkan untuk kaum laki-laki, hadir dengan desain yang simpel. Hiasan sebagai aksesori pelengkap pun tidak ada pada baju adat suku Mandar untuk pria.

Ternyata, ada filosofi tersendiri di balik desain sederhana tersebut. Mengutip Celebes, Senin (16/8/2021), rancangan simpel pada busana Pattuqduq Towaine untuk pria ini adalah sebagai simbolik yang menggambarkan kewajiban kaum pria sebagai pencari nafkah utama.

Mengingat tugasnya sebagai pencari nafkah, maka laki-laki harus bertindak gesit, sigap, dan cekatan.

Maka dari itu, baju adat Pattuqduq Towaine yang dikenakan kaum pria, yaitu setelan padu padan jas dan celana panjang kain hitam kemudian dilengkapi kain sarung tenun sebagai pelengkap tambahan. Desainnya pun jauh dari kata rumit bertujuan agar tidak menghambat pekerjaan dan pergerakan dinamis dari sang pria pemakainya.

Artikel Asli