Pernah Mengompol Saat Tidur? Bisa Jadi Itu Gejala Diabetes Insipidus! Simak Penjelasannya

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 22:00
Pernah Mengompol Saat Tidur? Bisa Jadi Itu Gejala Diabetes Insipidus! Simak Penjelasannya

Diabetes insipidus merupakan tipe diabetes yang tergolong langka atau jarang terjadi. Gejala yang umum ditemukan yakni mengompol pada saat tidur.

Penderitanya akan mengalami ketidakseimbangan dalam tubuh yang membuatnya sering buang air kencing dan merasakan haus yang hebat. Tak ayal pengidapnya pun akan mengalami gangguan tidur lantaran terlalu sering pipis bahkan hingga ngompol.

Memang terlihat mirip seperti diabetes melitus , namun penyebab dari dari diabetes insipidus berbeda dengan melitus. Diabetes insipidus disebabkan karena adanya masalah kerja hormon yang mempengaruhi ginjal terhadap urine.

Ginjal akan mengeluarkan cairan yang lebih banyak bahkan tak menghasilkan warna urine yang pekat lantaran produksi hormon antidiuretik yang terganggu. Hormon ini bekerja untuk

Tak cuma itu, diabetes insipidus juga tak terikat pada kadar gula dalam darah sebagaimana diabetes melitus.

Diabetes insipidus juga dibagi menjadi dua jenis yakni insipidus kranial yang disebabkan karena infeksi, operasi, cedera otak, atau tumor otak. Dan yang kedua insipidus nefrogenik yang disebabkan oleh kondisi turunan atau kerusakan fungsi ginjal. Yang mana pada diabetes insipidus nefrogenik sejatinya kadar hormon antidiuretik cukup namun organ ginjal tak meresponnya.

Jika mengalami gejala seperti sering haus, buang air kecil yang berlebih bahkan sampai mengompol disertai adanya kondisi medis tertentu sebaiknya segera menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sejauh ini belum ada pencegahan secara pasti untuk menghindari diabetes insipidus. Kendati begitu, jangan lupa untuk selalu memenuhi asupan cairan agar tak dehidrasi.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli