Jangan Sampai Dilabui Suami, Ini 6 Jenis Perselingkuhan yang Perlu Moms Ketahui!

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 21:05
Jangan Sampai Dilabui Suami, Ini 6 Jenis Perselingkuhan yang Perlu Moms Ketahui!

Belakangan ini, isu perselingkuhan kian santer menjadi bahan perbincangan publik. Banyak publik figur yang terpaksa mengakhiri hubungan rumah tangganya, lantaran dipicu adanya kehadiran orang ketiga.

Berbicara soal selingkuh, Psikolog Analisa Widyaningrum mendefinisikan selingkuh sebagai suatu hal ketika adanya pengkhianatan dalam sebuah komitmen, kebohongan, dan tak ada rasa nyaman lagi yang didapati dari pasangan.

Ada lebih dari satu cara untuk menggambarkan perselingkuhan. Bahkan, perselingkuhan memiliki beragam jenis yang mungkin selama ini belum diketahui banyak orang.

Berikut ini HerStory rangkum enam jenis perselingkuhan yang perlu kamu ketahui, seperti dikutip dari kanal YouTube Analisa Channel.

One Night Stand

Analisa menyebutkan, seperti yang dikatakan oleh seorang psikolog asal Amerika Serikat Dorothy Tennov, perempuan atau laki-laki yang berselingkuh memiliki semacam dorongan atau psikologis yang membuatnya melakukan perselingkuhan one night stand.

Jenis perselingkuhan ini merupakan pengkhianatan satu kali. Tipikal one night stand ini terjadi ketika pasangan jauh dari rumah atau saat dalam perjalanan bisnis, dan hanya terjadi dalam satu malam.

"Perempuan atau laki-laki yang dijadikan sebagai objek, ketika pasangannya di rumah tidak bisa memberikan kepuasan secara seksual sehingga akhirnya cinta itu berakhir di satu malam aja ," kata Analisa.

Dengan kata lain, selingkuh jenis ini hanya mengingkan seks saja dan cenderung enggak pakai hati. Intinya, hanya benar-benar terjadi malam itu saja. Tapi, kalau keterusan bisa bahaya ya Beauty?

Jatuh Cinta

Tahu enggak si Beauty, kata psikolog Analisa, pasangan yang enggak setia itu percaya kalau mereka sudah jatuh cinta saat melakukan perselingkuhan. Mereka sudah yakin begitu mencintai selingkuhan laiknya pasangannya sendiri.

Kalau sudah jatuh cinta dengan pasangan di luar rumah, itu artinya semacam koneksi saling bergantung. Ibarat sedang jatuh cinta, mereka benar-benar memiliki satu ikatan emosi, di mana enggak mau berpisah dengan selingkuhannya.

Sampai-sampai, ia rela meninggalkan pasangannya di rumah demi memperjuangkan cinta dengan selingkuhannya itu.

Kecanduan Seksual

Jenis perselingkuhan lainnya ialah selingkuh karena kecanduan seksual. Pelaku mencintai pasangannya, tetapi ia justru mencari kepuasan seksual di luar rumah lantaran suatu alasan.

Biasanya, pelaku jenis selingkuh ini memilik gangguan yang berhubungan dengan seks, misalkan hiperseks.

"Biasanya ini sudah menjadi kebiasaan pelaku, dan enggak hanya dengan satu orang saja melainkan dengan banyak orang. Karena yang dicari ialah kepuasan seksual, bukan orangnya," ujar Analisa.

Menginginkan Pernikahan dan Perselingkuhan

Beauty, ingat drama korea A World of Married Couple ? Jenis perselingkuhan ini terjadi dalam adegan drakor tersebut. Di mana pelaku menginginkan adanya pernikahan dan juga perselingkuhan.

Pelaku jenis selingkuh ini menginginkan keuntungan dengan memiliki pernikahan dan pasangan selingkuhannya. Mereka seringkali memiliki tingkat kepuasan perkawinan yang tinggi.

Selingkuh Emosional

Kalau jenis perselingkuhan yang satu ini mungkin sudah enggak asing lagi ya, Beauty? Bahkan katanya, selingkuh jenis ini lebih bahaya dari selingkuh fisik lho, Beauty.

Selingkuh emosional merupakan tipe perselingkuhan saat pelaku menganggap orang ain lebih berharga dibandingkan pasangannya sendiri. Bahkan, kalau selingkuhannya dekat dengan orang lain, ia merasa cemburu dan ada rasa ingin memilikinya.

Tak jarang, orang yang melakukan selingskuh secara emosional lebih memilih untuk menceraikan pasangannya sendiri.

Kecanduan Cinta

Terakhir ialah jenis selingkuh karena kecanduan akan cinta. Analisa mengatakan, selingkuh jenis ini umumnya terjadi pada wanita, walaupun pria juga mengalami hal yang serupa.

Jadi, mereka jatuh cinta pada prosesnya dan munkin enggak mengarah kepada komitmen. Biasanya, enggak hanya ke satu pasangan tapi ke pasangan yang lain juga demikian. Intinya, pelaku ini haus akan cinta dan perhatian.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli