Bukannya Menikmati Suasana, 5 Bercandaan Ini Justru Dapat Memicu Gangguan Mental Anak

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 20:30
Bukannya Menikmati Suasana, 5 Bercandaan Ini Justru Dapat Memicu Gangguan Mental Anak

Bercanda kerap dijadikan sebagai salah satu cara untuk lebih menikmati suasana bersama anak.

Namun, tak semua bercanda dapat membuat hati senang. Justru dapat berujung pada suatu masalah. Salah satunya adalah kesehatan mental.

Tak pandang usia, gangguan kesehatan mental dapat menyerang siapa saja tak terkecuali anak-anak.

Melansir dari laman berbagai sumber, 5 bercandaan ini sebaiknya Moms hindari demi kesehatan mental anak. Apa saja ya, kira-kira?

1. Menyebutkan Kekurangan Fisik

Tak ada yang sempurna di muka bumi ini termasuk fisik anak. Memang terkadang terdengar lucu melontarkan kalimat "Awas kebawa angin, badanmu kan kecil". Ternyata, kalimat tersebut justru dapat membuat anak kehilangan rasa percaya diri lho, Moms. Bahayanya, anak bisa saja memiliki obsesi untuk merubah fisiknya bahkan dengan cara yang ekstrim.

2. Membuatnya Cemburu

Terkadang rasanya memang gemas melihat ekspresi anak yang cemberut dengan memajukkan bibirnya. Lain jika hal tersebut dilandaskan karena Moms membandingkan dirinya dengan orang lain. Anak akan menjadi cemburu dan bisa menumbuhkan sifat posesif dalam dirinya hingga persepsi negatif.

3. Membuatnya Sedih

Tak cuma cemberut, melihat anak menangis karena bercandaan biasanya membuat orang tua senang. Biasanya bercandaan yang dilakukan adalah seakan ingin meninggalkannya.

4. Menakuti dan Mengancam

Moms jangan sampai bercandaan seperti ini juga terbesit dalam benak dan mencoba untuk melakukannya, ya. Memang melihat anak ketakutan bisa menjadi mood tersendiri bagi orang tua. Tetapi hal tersebut justru dapat berefek panjang yang membuatnya mudah khawatir, ketakutan, dan cemas.

5. Menertawakan Kesalahan Anak

Memang anak akan melakukan kesalahan yang gelagatnya membuat kita terkesan gemas. Tetapi hal tersebut justru tak seharusnya Moms tertawakan. Anak justru akan merasa tak percaya diri dan merasa gagal setiap melakukan sesuatu.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli