Nah Lho! Menurut Riset, Ini Suara Orang yang Selingkuh, Biasanya...

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 19:15
Nah Lho! Menurut Riset, Ini Suara Orang yang Selingkuh, Biasanya...

Salah satu penyebab utama bubarnya hubungan adalah selingkuh. Namun terkadang, seseorang tak sadar jika dirinya sedang diselingkuhikarena tak bisa mengenali tandanya.

Nah, bagi kamu Moms, rasa-rasanya kamu wajib mengetahui deh tanda suamimu selingkuh atau tidak.

Menurut riset yang dipublikasi di jurnal Evolutionary Psychology, salah satu tanda kalau pasanganmu mulai tak setia ternyata bisa terdeteksi dari suaranya lho, Moms.

FYI, riset tersebut menguji 64 orang mahasiswa dan 88 mahasiswi sebagai peserta. Lalu, mereka pun diminta untuk mendengarkan 10 suara laki-laki dan 10 suara perempuan. Nah, 5 di antara masing-masing kelompok itu pernah melakukan perselingkuhan.

Lalu, setiap peserta harus mendengarkan suara-suara tersebut dan menilai apakah mereka pernah berselingkuh atau tidak.

Suara tersebut milik orang-orang heteroseksual, berkulit putih, dan tidak menikah namun menjalani hubungan pacaran. Para peserta tidak mengetahui latar belakang dari para pemilik suara.

Hasilnya mengejutkan! Ternyata, hanya dengan mendengarkan, para peserta bisa menebak dengan benar dan para peserta mahasiswi bisa menebak dengan lebih baik.

"Kami tak tahu ada apa dengan suara tersebut hingga orang bisa menduga kalau pemilik suara tersebut selingkuh," papar penulis studi ini, yaitu Susan M. Hughe,s dari Psychology Department, Albright College; dan Marissa A Harrison, dari Psychology Program, Penn State Harrisburg, di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Lebih jauh, para peneliti pun mencoba mencari tahu apa yang membuat suara orang yang pernah berselingkuh berbeda dengan suara lainnya.

"Salah satu kemungkinan mengapa para peserta studi bisa menebak dengan tepat adalah mungkin karena mereka menghubungkannya dengan suara dari orang-orang yang pernah selingkuh yang pernah mereka kenal," imbuhnya.

Sementara itu, menurut riset lainnya, dikutip dari jurnal yang diterbitkan The Conversation yang ditulis oleh Viktoria Mileva, peneliti postdoktoral bidang psikologi di University of Stirling (Inggris) dan Juan David Leongomez, asisten profesor psikologi perkembangan di El Bosque University (Kolombia), wanita cenderung menilai pria bersuara lebih dalam lebih mungkin melakukan perselingkuhan.

Tak hanya itu, wanita juga menilai pria yang menggunakan nada rendah juga melakukan perselingkuhan. Ini mungkin didasari karena pria dengan suara lebih dalam dan lebih rendah biasanya membuat banyak wanita tertarik.

"Suara para pria yang lebih dalam cenderung dikaitkan dengan maskulinitas," tulis peneliti.

Hal itu menunjukkan bahwa isyarat vokal memang bisa digunakan untuk mengetahui perselingkuhan. Apalagi, jika ada sesuatu dari suara pasangan yang membuat kamu merasa tak nyaman, mungkin perlu dipikirkan kembali.

"Temuan ini memperluas gagasan bahwa suara manusia mungkin bernilai sebagai alat pendeteksi perselingkuhan. Informasi vokal yang sangat tipis adalah hal yang dibutuhkan untuk membuat penilaian tertentu terhadap orang lain," kata peneliti tersebut.

Nah Moms, gimana tanggapanmu tentang riset itu? Valid gak, Moms?

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli