Doa Mohon Ampunan Atas Segala Kekhilafan yang Telah Terjadi

okemom.com | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 17:15
Doa Mohon Ampunan Atas Segala Kekhilafan yang Telah Terjadi

OKEMOM Manusia adalah ciptaan Allah SWT yang tak pernah luput dari kesalahan. Sudah banyak dosa yang telah manusia perbuat, termasuk kita dari masa kecil hingga sekarang.

Sudah sewajarnya sebagai umat muslim kita harus memanjatkan doa untuk mohon ampunan pada Allah SWT. Agar dosa dan kesalahan masa lalu dan sekarang dapat Allah SWT maafkan.

Lantas, bagaimana cara membaca doa mohon ampun yang benar dan tepat? OKEMOM, berikut rangkuman doa yang dapat dibaca setelah menunaikan salat atau usai berwudu. Simak pembahasannya di bawah ini.

Doa mohon ampunan setelah salat

Doa Islam Mohon Ampunan
Source: canvacom

Salat adalah ibadah yang wajib umat Islam lakukan untuk mengikuti perintah yang telah Allah SWT berikan pada manusia.

Salat bukan hanya merupakan perintah, namun juga termasuk dalam ibadah yang dapat mencegah kita dari perbuatan mungkar hingga memberi ketenangan.

Oleh karena itu, sebaiknya setelah menunaikan ibadah salat, terutama yang wajib hendaklah membaca doa ampunan terlebih dulu.

Hal ini berguna supaya hikmah yang kita dapat semakin banyak. Adapun doa yang bisa Mom baca yakni:

 

Allahumma inni asaluka afwa wal afiyah fiddini wadduniya wal akhirah. Wal hamdulillahi rabbil alamin.

Artinya : Ya Allah, sungguh aku memohon padaMu maaf dan kekuatan pada agama, dunia dan akhirat. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.( Perukunan Melayu , halaman 51-52.)

Doa mohon ampun dari Rasulullah SAW

Doa
Source: canvacom

Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah sahabat dari Nabi Muhammad SAW yang juga merupakan khulafaur rasyidin pertama. Khulafaur rasyidin merupakan pemimpin atau khalifah yang mendapatkan petunjuk.

Suatu hari, Abu Bakar Ash-Shiddiq meminta pada Rasulullah SAW doa apa yang baik untuk dipanjatkan seusai salat. Kemudian, Rasulullah SAW pun memberikan doa mohon ampun di bawah ini.

 

Allahumma inni zhalamtu nafsii zhulman katsiiran wa laa yaghfirudz dzunuuba illa anta faghfirlii maghfiratan min indika warhamnii innaka antal ghafuurur rahiim.

Artinya : Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak. Sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka, ampunilah dengan suatu pengampunan dari sisiMu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (H.R Bukhari).

Baca doa dari surat Ali Imran ayat 147

Al-Qu'ran
Source: canvacom

Setiap dosa yang telah kita perbuat akan dipertanggung jawabkan hari akhir nanti. Dosa masa lalu, masa kini dan masa depan pun tak luput akan dihitung.

Oleh karena itu, agar dosa tidak lebih banyak dari pahala, sudah sepatutnya kita memohon ampun pada Allah SWT.

Melalui surat Ali Imran ayat 147 ini, Mom dapat meminta pada Allah SWT untuk mengampuni segala dosa dan memohon pertolongan dari orang kafir.

 

Wa maa kaana qoulahum illaaa ang qooluu robbanaghfir lanaa zunuubanaa wa isroofanaa fiii amrinaa wa sabbit aqdaamanaa wangshurnaa alal-qoumil-kaafiriin.

Artinya : Dan tidak lain ucapan mereka hanyalah doa. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang-orang kafir..

Itulah beberapa bacaan doa mohon ampunan atas segala hal yang telah terjadi. Mom bisa mengajarkan bacaan doa ini pada anak, agar Ia mengetahui hukum Islam sejak dini.


Artikel Asli