Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Tanda Kamu Menderita Diabetes Lho

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 16:05
Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Tanda Kamu Menderita Diabetes Lho

Penyakit diabetes dapat memengaruhi bagian tubuh, termasuk kulit. Ketika diabetes memengaruhi kulit, sering kali itu merupakan pertanda bahwa kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuhmu terlalu tinggi.

Masalah pada kulit bisa berarti bahwa kamu memiliki diabetes yang tak terdiagnosis atau pra-diabetes. Dilansir dari laman American Academy of Dermatology Association (16/8/2021), jika kamu melihat salah satu dari tanda-tanda peringatan berikut pada kulit maka bisa jadi kamu menderita diabetes:

1. Bercak kuning, kemerahan, atau cokelat pada kulit

Kondisi ini biasa juga disebut Nekrobiosis Lipoidika. Kondisi kulit ini sering dimulai sebagai benjolan padat kecil yang terlihat seperti jerawat. Seiring perkembangannya, benjolan ini berubah menjadi bercak kulit yang bengkak dan keras. Bercak bisa berwarna kuning, kemerahan, atau coklat.
Bercak merah, bengkak, dan keras pada kaki adalah necrobiosis lipoidica.

Kamu juga harus memperhatikan apabila kulit di sekitarnya memiliki penampilan seperti porselen yang mengkilap, pembuluh darah yang mulai terlihat, kulit terasa gatal dan nyeri.

2. Area kulit yang lebih gelap yang terasa seperti beludru

Jika kamu menyadari ada area yang menggelap seperti kulit beludru di bagian belakang leher, ketiak, selangkangan, atau di tempat lain bisa berarti bahwa kamu memiliki terlalu banyak insulin dalam darah. Ini sering merupakan tanda pradiabetes. Nama medis untuk kondisi kulit ini adalah acanthosis nigricans.

3. Kulit keras dan menebal

Ketika ini muncul pada jari tangan, jari kaki, atau keduanya, nama medis untuk kondisi ini adalah sklerosis digital. Di tangan, kamu akan melihat kulit yang kencang dan licin di bagian punggung tangan. Jari-jari bisa menjadi kaku dan sulit digerakkan.

Kulit yang keras, tebal, dan tampak bengkak dapat menyebar, muncul di lengan bawah dan lengan atas. Itu juga dapat berkembang di punggung atas, bahu, dan leher. Terkadang, kulit yang menebal menyebar ke wajah, bahu, dan dada.

Masalah kulit ini biasanya berkembang pada orang yang memiliki komplikasi akibat diabetes atau diabetes yang sulit diobati.

4. Lepuh

Ini jarang terjadi, tetapi penderita diabetes dapat melihat lepuh tiba-tiba muncul di kulitnya. Kamu mungkin melihat lepuh besar atau sekelompok lepuh di kulit.

Lepuh seringnya muncul di tangan, kaki, tungkai, atau lengan bawah dan terlihat seperti lepuh yang muncul setelah luka bakar serius. Berbeda dengan lepuh yang timbul setelah luka bakar, lepuh ini tak menimbulkan rasa sakit.

5. Infeksi Kulit

Orang yang menderita diabetes cenderung mengalami infeksi kulit. Jika memiliki infeksi kulit, kamu akan mengalami kulit panas dan bengkak yang menyakitkan, ruam gatal dan terkadang lepuh kecil, kulit kering bersisik, atau cairan putih yang terlihat seperti keju cottage.

Infeksi kulit dapat terjadi di area mana pun di tubuh , termasuk di antara jari-jari kaki, di sekitar satu atau lebih kuku, dan di kulit kepala.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli