Kolaborasi Via - Lokanima Luncurkan Kampanye Semarak Animasi Lokal

tabloidbintang | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 14:00
Kolaborasi Via - Lokanima Luncurkan Kampanye Semarak Animasi Lokal

VIA - PT Digi Bintang Sinergi (sebelumnya dikenal dengan nama DBS Entertainment) lahir sebagai unit bisnis baru dibawah bendera holding VIVA Group, yang fokus pada pengembangan bisnis konten dan bercita-cita menjadikan VIVA group sebagai rumah bagi para content creator dan komunitas.

Sebagai perusahaan yang berbasis konten untuk semua media platform, VIA diharapkan menjadi salah satu perusahaan konten di Indonesia yang bisa menghasilkan konten-konten terbaik dan menarik. Sementara itu LOKANIMA - PT Lokanima Kreatif Nusantara sebagai anak perusahaan dari BUPP KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Singhasari di Malang memiliki visi dalam mengembangkan IP-IP lokal yang memiliki potensi global. KEK Singhasari melalui PP No.68 Tahun 2019 menjadi satu-satunya KEK yang memiliki tugas dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan digital di Indonesia.

VIA - LOKANIMA, pada hari ini 13 Agustus 2021, mengukuhkan komitmen kerjasama untuk bersama-sama mengembangkan industri konten kreatif di Indonesia. VIA-LOKANIMA ingin menjadikan para hyperlocal content creators sebagai pemain utama dalam pengembangan konten kreatif di Indonesia. Sebuah kolaborasi dua perusahaan yang memiliki kompetensi yang kuat dalam pengembangan Intellectual Property (IP Development) terkait bisnis konten di Indonesia berbasis digital technology.

Kolaborasi Via - Lokanima luncurkan kampanye Semarak Animasi Lokal.

Kolaborasi ini ditujukan terutama dalam pengembangan industri Film, Animation Factory & Digital Technology, membangun wadah bagi para insan kreatif Indonesia untuk bertumbuh dalam ekosistem bisnis yang mendukung proses pengembangan industri animasi dan film karya anak negeri. Ini akan menjadikan VIA-LOKANIMA sebagai rumah bagi para hyperlocal content creators serta mendukung penuh kemajuan industri konten lokal. Kerjasama ini juga akan mendorong kolaborasi pengembangan bisnis yang lebih besar antara KEK Singhasari dan VIVA Group dalam membangun Film dan Animation Factory dengan nilai kolaborasi bisnis setara dengan IDR 1 Triliun.

Sebagai salah satu wujud nyata dari cita-cita tersebut, dalam rangka 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, VIA-LOKANIMA melahirkan sebuah National Pride Campaign, suatu Gerakan Kebanggaan Nasional, SEMARAK ANIMASI LOKAL, dimana kampanye ini bertujuan untuk mengangkat produk animasi anak bangsa menjadi local hero di negeri kita sendiri dan membuat sebuah katalog konten animasi anak bangsa yang diakui dunia.

Kampanye ini adalah wujud keprihatinan VIA-LOKANIMA terhadap perkembangan industri kreatif di Indonesia, terutama di bidang animasi, dimana sudah puluhan tahun lamanya benchmark industri animasi di Indonesia selalu berkaca pada hasil karya animator luar / studio international. Sementara para pekerja industri kreatif di bidang animasi di Indonesia, yang sebenarnya secara kualitas dan kapabilitas tidak kalah dengan animator luar, harus mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensinya hingga mampu bersaing.

Kesan hanya menjadi tukang gambar untuk produk animasi yang selama ini terlanjur terbentuk harus berubah. Para animator ini harus diberi kesempatan, ditunjang oleh ekosistem bisnis yang mendukung, sehingga mereka mampu melahirkan karya animasi terbaik yang berkarakter lokal, mendidik, berbudi pekerti, namun juga mampu menembus pasar global/internasional.

Ini juga sejalan dengan program pemerintah yang ingin mendorong industri kreatif di Indonesia, salah satunya film dan animasi. Sebagai salah sektor yang mampu bertahan di tengah situasi Covid-19 dan penurunan ekonomi saat ini maka sektor film dan animasi diyakini juga akan menjadi salah satu motor yang mampu memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi nasional secara signifikan ke depann

Artikel Asli