Hati-hati, Penggumpalan Darah pada Kaki dan Lengan Dapat Memicu 5 Risiko Penyakit Kronis!

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 12:10
Hati-hati, Penggumpalan Darah pada Kaki dan Lengan Dapat Memicu 5 Risiko Penyakit Kronis!

Gumpalan darah pada tubuh biasanya dapat ditemui dengan adanya warna merah keunguan pada kulit. Jika hal ini terjadi pada bagian lengan dan kaki, tentunya harus diwaspadai karena dapat memicu risiko kesehatan lainnya.

Kondisi ini biasanya akan ditemukan pada seseorang pemulihan pasca operasi, mengalami kecelakaan, atau kondisi medis lainnya.

Umumnya seseorang yang mengalami penggumpalan darah akan mengalami gejala nyeri ketika ditekan dan warna kebiruan atau pucat pada kulit.

Meski begitu, dokter tak dapat secara pasti mengandalkan gejala tersebut sebagai tanda dari adanya penggumpalan darah. Tetap dibutuhkan pemeriksaan secara medis untuk menegakkan diagnosis.

Lantas, kenapa penggumpalan darah pada lengan dan kaki tak boleh dibiarkan? Hal ini berkaitan dengan risiko 5 penyakit kronis pada tubuh, seperti dilansir dari laman hellosehat.com (16/8/2021).

1. Jantung

Nyeri parah pada lengan dan merasakan keringat berlebih tanpa sebab bisa menjadi gejala dari penyakit jantung yang mengalami penggumpalan darah dan akan memicu adanya serangan jantung.

2. Paru-paru

Lengan dan kaki yang mengalami penggumpalan darah juga akan berakibat pada paru-paru yang disebut dengan emboli paru. Kondisi ini sangat berbahaya yang akan disertai gejala lain seperti sering berkeringat, kesulitan bernafas yang disertai batuk, dada terasa sakit dan kepala pusing.

3. Ginjal

Merasakan nyeri di sisi perut, kaki atau paha dan kaki yang bengkak bisa menjadi gejala dari risiko penyakit ginjal. Penggumpalan darah yang terjadi tak cuma dapat menyebabkan tekanan darah tinggi melainkan juga kegagalan ginjal.

4. Stroke

Penggumpalan darah pada otak biasanya diakibatkan karena adanya timbunan lemak di dinding darah yang akan membawa darah ke otak. Hal ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami stroke bahkan gegar otak.

5. Sistem Pencernaan

Darah yang membeku juga dapat menyebabkan masalah gangguan kesehatan pada sistem pencernaan dari usus ke jantung. Gejalanya seperti mengalami mual dan muntah, diare, feses berdarah, sensasi bagian perut yang membengkak dan menganggu nafsu makan.

Jika Beauty mengalami warna merah keunguan pada kulit yang mana sebelumnya tak sedang dalam masa pemulihan pasca operasi, akibat kecelakaan sebaiknya segera melakukan pemeriksaan bersama dokter, ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli