Nggak Cuma Bau Badan, Ketiak Juga Bisa Mengalami 5 Masalah Ini

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 10:40
Nggak Cuma Bau Badan, Ketiak Juga Bisa Mengalami 5 Masalah Ini

Masalah ketiak seperti bau badan dan basah tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan. Tapi, Beauty sudah tahu belum kalau masalah ketiak ternyata gak cuma bau badan saja, lho.

Sebagian orang akan menganggap masalah ketiak seperti bau badan dikarenakan keringat berlebih yang menyebabkan timbulnya bakteri penyebab bau badan.

Sejatinya, ketiak juga memiliki masalah lain yang dapat menimpa siapa pun.

Berikut ini 5 masalah ketiak yang harus Beauty ketahui, seperti dilansir dari berbagai sumber (16/8/2021).

Ketiak Hitam

Kondisi ini biasanya dipicu sehabis melakukan cukur bulu ketiak. Tak cuma itu, berat badan yang berlebih juga bisa menyebabkan masalah ketiak hitam lantaran terlalu banyak mengalami gesekan.

Nyeri

Jika sehabis melakukan aktivitas fisik yang melibatkan lengan, terkadang akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian ketiak. Namun, jika sebelumnya Beauty tak melakukan kegiatan tersebut dan ketiak terasa nyeri tentunya harus segera diwaspadai.

Nyeri pada ketiak juga bisa menjadi salah gejala pembentukan tumor kelenjar getah bening. Atau bisul lantaran ketiak yang lembab dan tak bersih.

Alergi

Ketiak juga dapat mengalami alergi seperti timbul bercak dan beruntusan kemerahan. Biasanya hal ini dikarenakan tidak cocok akanparfum, sabun, skincare yang mengandung pengawet atau deterjen. Bukan cuma itu, bisa jadi hal ini dikarenakan adanya gesekan antar kulit dan pakaian karena penggunaan deodorant yang kurang tepat.

Infeksi Jamur

Normal jika setelah mencukur bulu ketiak akan merasa gatal lantaran adanya pertumbuhan rambut baru. Tetapi, jika rasa gatal tersebut datang terlalu sering dan tak kunjung hilang, tandanya ketiak mengalami infeksi jamur.

Banjir Keringat

Siapapun pasti ingin menghindari keringat berlebih pada area ketiak tapi hal tersebut wajar terjadi. Lain hal jika keringat berlebih terjadi sekali pun sedang berada dalam ruangan sejuk dan tak sedang menjalani aktivitas. Ini bisa menjadi gejala Beauty mengalami hiperhidrosis.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli