Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Cara Alami Menghilangkan Skin Tag

okemom.com | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 10:48
Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Cara Alami Menghilangkan Skin Tag

OKEMOM-Skin tag merupakan benjolan berdaging yang tumbuh di sekitar permukaan kulit dengan ukuran tidak terlalu besar, mirip seperti kutil. Dalam istilah medis, skin tag sering disebut acrochordon atau cutaneous papilloma yang merupakan pertumbuhan kulit mengganggu, namun tidak berbahaya.

Pertumbuhan daging pada permukaan kulit sering kali dialami oleh orang dengan berat badan berlebihan. Biasanya, kondisi ini muncul pada bagian tubuh belakang, leher dan wajah.

Meskipun tidak berbahaya, skin tag pada wajah sering kali menurunkan rasa percaya diri perempuan. Sehingga, mereka akan mencari cara untuk menghilangkannya dengan berbagai cara, salah satunya melakukan operasi.

Sebelum melakukan tindakan tersebut, sebaiknya Mom coba dulu beberapa cara alami menghilangkan skin tag tanpa memerlukan biaya yang mahal. Penasaran bagaimana caranya? Keep scrolling, Mom.

1. Bawang putih halus

Manfaat bawang putih untuk menghilangkan skin tag
Source : Canva

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang selalu digunakan saat membuat beragam jenis masakan demi mandapatkan cita rasa yang lezat.

Selain berguna sebagai bumbu untuk memasak, ternyata bawang putih juga punya beragam manfaat lainnya. Salah satunyauntuk menghilangkan daging kecil yang muncul pada permukaan kulit. Hal ini karena bawang putih memiliki senyawa allicin untuk menghilangkan bakteri dan virus.

Caranya sangat mudah, hanya dengan menghaluskan bawang putih dengan ulekan yang kemudian menempelkannya pada bagian skin tag. Ikat dengan perban selama semalaman agar daging pada permukaan kulit mudah menyusut.

2. Mengoleskan minyak mengandung vitamin E

Manfaat minyak sawit
Source : Canva

Vitamin E adalah antioksidan yang efektif melawan kerutan dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, bagi perempuan yang memiliki tanda tumbuhnya daging di permukaan kulit juga dapat menggunakan minyak yang mengandung vitamin E secara rutin untuk menghilangkannya.

Salah satu minyak tinggi kandungan vitamin E adalah minyak sawit. Apabila Mom memiliki jenis minyak ini, cobalah oleskan cairan minyak tersebut ke seluruh bagian skin tag pada malam hari, sambil memijatnya.

Penggunaan secara rutin mampu menghilangkan skin tag hanya dalam waktu beberapa hari saja, lho Mom.

3. Mengoleskan tea tree oil

Cara alami menghilangkan skin tag dengan tea tree oil
Source : Canva

Selain minyak sawit, tea tree oil atau minyak teh juga dapat menjadi cara alami menghilangkan skin tag pada permukaan kulit, khususnya pada wajah. Tea tree oil sendiri telah dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kondisi kulit, Mom. Hal ini karena, minyak pohon teh memiliki sifat antivirus sebagai kandungannya.

Beberapa orang memanfaatkan tea tree oil untuk menghilangkan skin tag dengan cara mengoleskan beberapa tetes minyak tersebut pada bola kapas. Kemudian, tempelkan kapas tersebut pada permukaan kulit kurang lebih selama 10 menit, selama tiga hari berturut-turut.

Jika Mom memiliki kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati saat menggunakannya, karena kandungan di dalam tea tree oil dapat mengiritasi kulit.

4. Menggunakan yodium cair

Manfaat yodium cair
Source : Canva

Melansir dari Medical News Today, terdapat laporan yang menunjukkan kalau yodium cair dapat bermanfaat untuk menghilangkan skin tag . Beberapa bukti ilmiah juga menjelaskan tentang ini.

Jika Mom ingin mencoba untuk menghilangkan menggunakan bahan rumahan satu ini, oleskanlah petroleum jelly atau minyak kelapa lebih dulu pada permukaan kulit, ya. Selanjutnya, oleskan cairan yodium ke seluruh area skin tag.

Untuk hasil yang maksimal, tutupilah bagian tersebut sampai mengering. Perawatan ini dapat perempuan lakukan sebanyak dua kali sehari.

5. Cuka sari apel

Manfaat sari cuka apel
Source : Canva

Selain bahan di atas, cuka sari apel juga dapat menjadi solusi lain untuk menghilangkan daging kecil yang tumbuh pada permukaan kulit. Pasalnya, bahan alami ini dapat bekerja seperti asam salisilat untuk mengobati skin tag dengan cara pengelupasan kulit.

Caranya sangat mudah. Rendamlah bola kapas dalam cuka sari apel dan tempelkan pada bagian skin tag. Tempelkan perban pada bola kapas agar tidak terjatuh.

Perawatan ini dilakukan selama 15-30 menit dalam sehari. Perempuan dapat melakukannya setiap hari untuk memberikan hasil yang lebih cepat.

OKEMOM, itulah lima cara alami menghilangkan skin tag pada permukaan kulit khususnya pada wajah. Apabila cara di atas menimbulkan efek samping, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan lakukan konsultasi ke dokter, ya.

 

Referensi:

Precision Surgery . Your Best Options for Removing Those Pesky Skin Tags. 2021

DIY Natural. Learn These 5 Ways to Get Rid of Skin Tags Naturally. 2019

Medical News Today . Can you remove a skin tag yourself?. 2020


Artikel Asli