Menelisik Sejarah dan Makna Lagu “Hari Merdeka” 17 Agustus 1945

okemom.com | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 09:09
Menelisik Sejarah dan Makna Lagu “Hari Merdeka” 17 Agustus 1945

OKEMOM Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, seluruh masyarakat Indonesia biasanya menggelar upacara. Lagu Hari Merdeka pun berkumandang dan dinyanyikan serempak.

Sejarah dan makna teks lagu 17 Agustus 1945 ini tentu saja harus diingat baik. Mom bisa mengajarkan kepada anak-anak agar mereka tak lupa dengan Tanah Air tempatnya lahir dan bertumbuh.

Lagu Hari Merdeka adalah ciptaan Husein Mutahar atau dikenal dengan H. Mutahar. Seorang tokoh nasional kelahiran Semarang, 5 Agustus 1916. Ia juga salah satu penggagas Pramuka dan Paskibraka Indonesia pada era 1945-1961.

Sejarah dan makna lagu Hari Merdeka

Source: Unsplash/Nick Agus Arya

Saat lagu ini diciptakan, Mutahar yang merupakan lulusan jurusan Sastra Timur di Universitas Gajah Mada Yogyakarta masih menjadi ajudan Presiden Soekarno.

Setahun setelah Proklamasi Indonesia, tahun 1946, Mutahar dipanggil oleh Soekarno untuk segera menghadap. Tujuannya agar dibuatkan aubade atau lagu penghormatan.

Di tengah situasi genting perang Revolusi di Yogyakarta, Mutahar meminjam orkes keraton. Ia pun memandu lagu Hari Merdeka diiringi musik lainnya pada saat upacara 17 Agustus 1946.

Lagu Hari Merdeka menjadi karya kedua Mutahar. Sebelumnya, Ia menciptakan hymne Syukur. Beberapa lagu karya H. Mutahar lainnya ialah Jangan Putus Asa, Slamatlah, Mari Tepuk dan Dirgahayu Indonesiaku.

Tak sekadar identik dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, lagu ciptaan H. Mutahar memiliki makna begitu mendalam tentang perjuangan para pahlawan bangsa dan sebagai pengingat akan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lirik lagu Hari Merdeka

Source: Unsplash/Anggit Rizkianto

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Mer de ka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Proses panjang hingga akhirnya lagu ini tercipta, mengingat situasi dan kondisi saat itu tidak mudah. Sudah patutlah rasanya setiap warga negara Indonesia mengingat sejarah dan makna yang tertuang dalam lagu teks lagu 17 Agustus 1945 Hari Merdeka.

Dirgahayu Republik Indonesia!

Artikel Asli