Jarang Diketahui, Ini ‘Senjata Ampuh` untuk Lawan Virus Covid-19 saat Kamu Terinfeksi

herstory | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 08:15
Jarang Diketahui, Ini ‘Senjata Ampuh` untuk Lawan Virus Covid-19 saat Kamu Terinfeksi

Telah satu tahun lebih vorus Covid-19 tak kunjung hilang. Berbagai peraturan pun terus dilayangkna pemerintah guna mencegah penyebaran virus ini.

Salah satu 'senjata' untuk melawan virus Corona pun adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Dikutip dari Kesehatan.kontan.co.id, Healthy lifestyle coach, Hendri Pardede, mengatakan bahwa terdapat delapan cara mudah untuk mendongkrak imunitas tubuh ketika berada di rumah selama pandemi.

Berikut delapan cara meningkatkan imunitas tubuh:

1. Nutrisi

Apa yang kamu konsumsi akan menentukan kualitas daya tahan tubuh lho. Misalnya, makronutrisi, yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, juga lemak.

Selain itu, mikronutrisi, seperti makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Cara mengolah makanan juga berpengaruh terhadap kandungan nutrisi. Oleh karena itu, penting untuk mengolah makanan secara baik, seperti direbus, dikukus atau pun ditumis.

Hendri juga menegaskan untuk menghindari makanan olahan seperti jus dalam kemasan atau makanan lainnya.

2. Olahraga

Meskipun di rumah saja, kamu ahrus berolahraga ya Beauty. Luangkan waktu selama 30 menit hingga 45 menit setiap harinya untuk berolahraga dengan intensitas rendah.

Misalnya, senam ringan. Ini berguna supaya ketika berolahraga, nafas akan normal dan tidak terengah-engah.

3. Air

Kualitas dan volume air yang diminum juga menentukan imunitas tubuh lho. Penting untuk meminum air mineral sebanyak dua liter hingga dua setengah liter sehari.

Pasalnya, jika tubuh kekurangan air, metabolisme tubuh akan menurun dan membuat daya tahan tubuh juga turun.

4. Matahari

Berjemur sangat dianjurkan untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hendri menjelaskan bahwa sinar matahari dapat meningkatkan kualitas vitamin D dalam tubuh.

Cukup berjemur selama 15 menit sampa 20 menit setiap hari ya Beauty!

5. Hindari Berita Negatif

Selama pandemi, berita negatif sering bermunculan baik di pemberitaan ataupun di media sosial. Misalnya, jumlah kematian atau kasus Covid-19 yang semakin banyak setiap harinya. Menurut Hendri, informasi-informasi tersebut bisa memengaruhi emosi juga menyulut rasa takut yang berlebihan lho. Ini bisa menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh meningkat.

6. Udara

Ketika di rumah saja, penting untuk memerhatikan sirkulasi udara di dalam rumah. Pastikan pintu dan jendela rumah terbuka lebar setia pagi.

Hal ini dibutuhkan supaya terjadinya pertukaran oksigen lama dengan yang baru karena imun tubuh akan baik jika menerima kondisi oksigen yang baik pula.

7. Istirahat

Tidur yang cukup juga membantu meningkatkan imunitas tubuh. Disarankan untuk tidur di malam hari selama tujuh hingga delapan jam.

Ini dikarenakan ketika tidur, tubuh akan melakukan detoksifikasi (lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun), recovery (pemulihan) sel, dan banyak hal positif lainnya. Jadi, usahakan jangan begadang ya Beauty!

8. Miliki Rasa Percaya

Apapun keyakinan kamu, terus tingkatkan ketakwaan kamu ya. Misalnya, ibadah kepada Tuhan. Ini dikarenakan kita tidak mengetahui kapan pastinya virus Covid-19 berakhir.

Meningatkan rasa percaya dengan meningaktkan ibadah dan ketakwaan ternyata bisa membuat imun kita meningkat.

Itulah beberapa 'senjata' yang bisa kamu lakukan untuk dapat melawan virus pandemi ini. Terus jaga kesehatan ya Beauty!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli