5 Aktivitas Seru Merayakan Hari Kemerdekaan dari Rumah

okemom.com | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 08:25
5 Aktivitas Seru Merayakan Hari Kemerdekaan dari Rumah

OKEMOM-Di Indonesia terdapat tradisi khusus untuk merayakan hari kemerdekaan, yaitu perlombaan. Biasanya ada banyak perlombaan yang dilakukan dan diikuti oleh lapisan masyarakat, tua maupun muda.

Seperti lomba makan kerupuk bagi anak-anak, panjat pinang untuk remaja dan memperebutkan bangku dengan musik. Tapi, karena Covid-19 hal ini tak bisa kita lakukan lagi.

Peraturan untuk menjaga jarak dan menjauhi kerumunan membuat kita harus berada di rumah saja. Meski begitu, bukan berarti tidak ada kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan.

Ada beberapa cara kreatif untuk tetap merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dari rumah. Mom bisa melakukan ini untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga. Yuk, simak apa saja caranya.

1. Dekorasi rumah dengan ornamen khusus kemerdekaan

Cara Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dari Rumah
Source: canvacom

Mendekorasi rumah menjadi kegiatan seru saat dilakukan bersama keluarga. Mom bisa mengganti beberapa furnitur dengan warna merah atau putih. Tak perlu keluar banyak uang, kok.

Cukup dengan hiasan pita, seprai, lampu tumblr merah dan putih suasana kemerdekaan sudah terasa. Cara ini berguna agar anggota keluarga tidak merasa bosan hanya berdiam diri di rumah.

Selain mendekorasi, Mom dan keluarga juga dapat membersihkan rumah supaya udara lebih bersih. Keadaan tempat tinggal yang bersih akan menciptakan lingkungan sehat dan terjamin.

2. Menyaksikan siaran upacara bendera bersama

Bendera Merah Putih Indonesia
Source: canvacom

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, ada upacara khusus untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka. Umumnya acara ini disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi.

Mom bisa menyaksikan bersama dengan keluarga tercinta bagaimana proses menaikkan bendera pusaka. Terdapat beberapa hal menarik dalam upacara ini.

Misalnya seperti pasukan paskibra yang sangat kompak mulai dari cara berjalan hingga gerakan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Adapun pidato dari pemimpin Negara Indonesia yakni Presiden Joko Widodo.

3. Membuat kartu ucapan

Kartu Ucapan
Source: canvacom

Hari kemerdekaan bukan hanya menjadi ajang berkumpulnya anggota keluarga di rumah, tapi juga sebagai kesempatan untuk membangun hubungan agar semakin dekat.

Salah satu kegiatan yang dapat mendekatkan hubungan antar anggota keluarga adalah saling bertukar kartu ucapan. Kartu ucapan ini bisa Mom dan keluarga isi dengan keluh kesah yang selama ini dirasakan.

Dengan cara ini, seluruh anggota keluarga termasuk Mom mendapatkan hak untuk merdeka atau bebas dari hal yang tidak disuka. Terlebih lagi, hubungan akan semakin dekat dengan mengetahui ketidaksukaan antar anggota keluarga.

4. Menonton film yang berkaitan dengan para pahlawan

Keluarga Nonton Film
Source: canvacom

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, Mom dan keluarga dapat menonton kisah perjuangan lewat film. Sekarang ini sudah banyak tontonan yang mengambil latar belakang pahlawan Indonesia.

Bukan hanya menghibur, namun pesan dan makna yang terdapat dalam film menjadi inspirasi kita untuk semangat berjuang dalam menjalani hidup.

Beberapa film bahkan juga menampilkan keadaan Negara Indonesia zaman dulu saat masa penjajahan Jepang dan Belanda.

5. Membuat kreasi dengan tema kemerdekaan

17 Agustus
Source: canvacom

Cara terakhir untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah dengan membuat beragam kreasi bertemakan 17 Agustus.

Ada banyak kreasi yang bisa anggota keluarga lakukan dari rumah. Contohnya seperti membuat sweater merah putih, melukis masker dengan gambar khas Indonesia dan lain sebagainya.

Tak cuma menghibur, kegiatan membuat kreasi ini juga mampu meningkatkan kreativitas anak agar makin maksimal. Hasil kreasi bisa Mom pajang nanti di ruang tamu atau dijual untuk mendapat penghasilan. Bermanfaat, kan?

Itulah lima cara seru merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dari rumah. Meskipun tak ada hiruk pikuknya lomba, namun suasana kemerdekaan tetap akan terasa dengan menghabiskan waktu bersama keluarga.


Artikel Asli