Keluar Flek Coklat saat Hamil? Ketahui Penyebabnya Mom

okemom.com | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 06:07
Keluar Flek Coklat saat Hamil? Ketahui Penyebabnya Mom

OKEMOM Tak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan adanya flek coklat yang keluar dari Miss V, khususnya selama trimester awal. Kondisi ini tentu membuat Mom merasa panik dan khawatir akan keselamatan janin.

Meski kerap terjadi dan tidak semua flek berbahaya, namun bukan berarti ibu hamil bisa mengabaikan kondisi ini, terlebih jika flek yang keluar cukup banyak.

Sebab, pada kondisi tertentu flek bisa menjadi tanda adanya komplikasi kehamilan terutama jika disertai gejala yang tidak normal. Untuk itu, yuk ketahui penyebab keluarnya flek coklat selama kehamilan.

1. Kehamilan ektopik

penyebab flek saat hamil
Source: Canva.com

Kehamilan ektopik merupakan salah satu penyebab munculnya flek coklat pada ibu hamil terlebih yang baru memasuki trimester pertama.

Kehamilan ektopik atau kerap disebut hamil di luar kandungan ialah kondisi di mana sel telur yang telah dibuahi tidak menempel dengan rahim namun tumbuh di luar rahim.

Meski jarang terjadi, namun kehamilan ektopik berisiko mengancam keselamatan janin dan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

Biasanya selain muncul flek coklat, ada beberapa gejala yang juga menjadi tanda terjadinya kehamilan ektopik, gejala tersebut antara lain:

  • Kerap merasakan nyeri perut atau panggul pada salah satu sisi maupun keduanya.
  • Mengalami nyeri bahu karena adanya tekanan pada saraf.
  • Sering merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas berat.
  • Sakit kepala yang begitu hebat.
  • Penurunan kesadaran atau pingsan.

Apabila mengalami gejala di atas, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

2. Pendarahan implantasi

penyebab flek saat hamil
Source: Canva.com

Pendarahan implantasi umumnya berwarna merah muda terang hingga coklat tua dan berbeda dengan haid karena pendarahan implantasi hanya bercak ringan biasa.

Pendarahan ini muncul karena adanya proses penempelan embrio pada dinding rahim dan umumnya terjadi setelah 6-12 hari masa pembuahan. Jadi, pendarahan ini biasanya merupakan salah satu gejala awal kehamilan.

Apabila mengalami pendarahan implantasi, Mom tak perlu khawatir sebab kondisi ini hanya berlangsung selama beberapa hari bahkan hanya hitungan jam saja dan akan berhenti dengan sendirinya.

3. Plasenta previa

penyebab flek saat hamil
Source: Canva.com

Keluarnya flek coklat pada ibu hamil bisa terjadi karena adanya gangguan pada plasenta previa. Plasenta previa terjadi ketika sebagian atau seluruh plasenta menutupi serviks atau jalan lahir.

Umumnya gangguan ini muncul pada kehamilan trimester kedua atau pun ketiga dan dapat terdeteksi apabila Mom rutin melakukan pemeriksaan kehamilan maupun USG. Apabila tak segera mendapatkan penanganan, plasenta previa bisa menyebabkan komplikasi persalinan.

Adapun faktor terjadinya plasenta previa pada ibu hamil, yaitu:

  • Adanya kehamilan kembar
  • Memiliki riwayat plasenta previa pada kehamilan sebelumnya
  • Pernah melahirkan melalui proses operasi caesar

4. Tanda keguguran

tanda keguguran
Source: Canva.com

80 persen keguguran terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Gejalanya pun dapat berupa pendarahan berwarna merah terang hingga coklat.

Mom perlu mencurigai apabila mengalami flek kecoklatan disertai dengan gejala, seperti kontraksi rahim, nyeri punggung bawah, flek keluar bersama dengan jaringan atau gumpalan dari vagina, kehilangan gejala kehamilan secara tiba-tiba, penurunan berat badan secara drastis.

5. Infeksi pada vagina atau serviks

infeksi vagina
Source: Canva.com

Adanya infeksi pada vagina atau serviks juga bisa menjadi penyebab munculnya flek coklat selama kehamilan. Infeksi serviks ini juga bisa terjadi apabila ada pemicunya, baik karena penyakit menular seksual (gonore, herpes genital, trikomonas, dan klamidia) maupun karena adanya penyakit non seksual (vaginosis bakterialis).

Umumnya infeksi pada vagina atau serviks ini disertai dengan beberapa gejala seperti demam dan rasa gatal pada area Miss V. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk selalu menjaga kebersihan miss V agar terhindar dari kuman penyebab penyakit.

Itu dia Mom penyebab keluarnya flek coklat saat hamil. Apabila flek coklat keluar tanpa adanya gejala, Mom tak perlu khawatir sebab kondisi ini normal terjadi.

Namun, apabila flek coklat keluar dan disertai gejala seperti nyeri, kontraksi rahim, atau demam, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya! Dengan begitu dokter akan mendiagnosis penyebabnya dan apabila terdapat komplikasi kehamilan pun bisa segera ditangani.


Referensi

Artikel Asli