Bisnis Kreatif untuk Kaum Milenial

koran-jakarta.com | Gaya Hidup | Published at 16/08/2021 00:30
Bisnis Kreatif untuk Kaum Milenial

Pertanyaan:
Bu Rossa, perusahaan tempat saya bekerja memangkas gaji karyawan sampai 50 persen akibat menurunnya keuntungan selama pandemi. Ini adalah situasi yang berat karena penghasilan saya tak lagi mencukupi kebutuhan sebulan. Saya butuh penghasilan tambahan Bu, tapi saya tak punya modal besar. Bisnis apa ya Bu yang cocok untuk millenial di situasi pandemi ini?
Jawaban:
Saat ini banyak orang banting setir melakukan bisnis karena desakan kondisi ekonomi. Generasi milenial terkenal suka bereksplorasi mencari ide-ide bisnis baru dan unik. Ada banyak alternatif bisnis kreatif dengan modal kecil dan peluang untung besar yang cocok untuk milenial seperti berikut.

1. Kerajinan Tangan
Kerajinan tangan (handicrafts) memang tidak ada matinya. Ide bisnis kreatif ini bisa dilakukan dengan bahan seadanya serta hanya membutuhkan keterampilan dan kreatifitas dalam mengelola kerajinan tangan.
Sampai saat ini kerajinan tangan handmade banyak dicari oleh penggemar barang-barang unik. Biasanya kerajinan yang asli buatan tangan harganya jauh lebih kompetitif.

2. Fotografi
Menangkap gambar melalui kamera lalu menjadikannya sebagai bisnis, oke juga! Saat ini ada banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi baik untuk even tertentu, foto pribadi, atau sekedar membuat koleksi yang bisa dinikmati oleh banyak orang.
Keuntungannya pun bisa dikatakan cukup menjanjikan walaupun dengan modal kamera yang kamu miliki. Hal yang paling penting dalam membangun bisnis di bidang ini adalah sense untuk menangkap momen yang pas agar foto terlihat lebih menarik.

3. Sewa Dekorasi Pesta
Dekorasi yang unik, kreatif, dan kekinian bisa menjadi ide bisnismu. Meskipun sedang dilanda pandemi tapi permintaan akan jasa dekorasi pesta selalu saja ada.
Memberikan rekomendasi atau menyediakan layanan custom sehingga klien dapat memilih sendiri dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan pesta. Walaupun modal minim, tapi keuntungan yang didapat lumayan.

4. Aromatherapy
Efek dari pandemi ini membuat banyak orang lebih memilih untuk beraktifitas di rumah saja. Namun berbulan-bulan di rumah saja membuat jenuh dan bosan. Nah, untuk menyegarkan suasana rumah bisa nih dengan aromatherapy.
Ide bisnis kreatif yang satu ini sedang populer di kalangan remaja karena memiliki banyak variasi wewangian yang unik. Ditambah lagi fungsinya yang dapat membantu untuk menaikkan mood ketika beraktifitas di rumah.

5. Thrift Shop
Thrift Shop atau menjual kembali suatu barang memang sedang populer akhir-akhir ini. Selain mendatangkan untung, barang yang tidak terpakai dapat membuat kamu merasa lebih lega karena tidak ada lagi barang yang menumpuk.
Hal yang perlu diperhatikan ketika menjalani bisnis ini adalah memilih barang-barang yang masih layak untuk dipakai lagi dan memilah barang sesuai dengan kelayakannya sehingga kamu bisa memasang harga yang sesuai dengan barang yang ditawarkan.

6. Dropshipper
Dropshipper berbeda dengan penjual eceran yang biasa kamu temui di pasar. Sistem dropship tidak membutuhkan gudang atau tempat luas untuk menyimpan stok barang. Kamu hanya perlu memastikan bahwa barang yang ingin kamu jual tersedia stoknya.
Selain mudah bisnis ini juga lebih efektif dan tidak terlalu memakan banyak modal. Hal perlu diperhatikan adalah selalu update tentang barang yang akan dijual kepada konsumen.

7. Video Editor
Kamu punya hobi membuat video sekaligus mengedit video? Akhir-akhir ini banyak perusahaan atau bisnis yang membutuhkan editor video untuk produk atau jasa mereka.
Karena permintaan yang lumayan banyak ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa edit video. Jangan lupa untuk menampilkan portofolio yang menarik supaya klien semakin percaya dengan hasil pekerjaanmu, atau bisa memamerkan hasil karyamu di media sosial.

8. Camilan Unik
Makanan merupakan hal yang disukai oleh banyak orang terlebih makanan tersebut memiliki ciri khas yang unik. Membuat camilan yang tidak pernah dibuat orang lain bisa menjadi ide bisnis yang mendatangkan keuntungan.
Pastikan camilan unik yang dibuat sesuai dengan selera konsumen, packaging dari produk yang dijual juga perlu diperhatikan supaya makin banyak orang tertarik dengan produkmu. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan camilan yang dijual.
9. Penulis
Menjadi seorang penulis tidak membutuhkan modal yang besar karena hanya memerlukan ide kreatif dan laptop yang terkoneksi dengan internet. Kamu juga bisa melakukan pekerjaan dimana pun dan kapan pun.
Meskipun dengan modal yang kecil hasil yang didapatkan pun cukup menjanjikan tergantung jenis tulisan yang akan dibuat.

10. Content Creator
Akhir-akhir ini menjadi seorang content creator memang menjadi minat banyak orang. Karena semakin berkembangnya media sosial, maka semakin memudahkan penggunanya untuk mengunggah konten yang menarik.
Selain itu, ide bisnis ini juga membuat kamu semakin luwes dalam memberikan informasi kepada khalayak. Kamu bisa mencoba untuk menjadi content creator di sosial media manapun seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan lain-lain.

Nah, ternyata banyak sekali ide-ide bisnis yang menarik untuk kaum milenial. Silahkan dipilih sesuai minat dan kemampuanmu, karena hasilnya tentu akan sangat berbeda jika kamu mencintai pekerjaanmu. Semoga sukses!

Artikel Asli