Cara Scan QR Code Akses Pedulilindungi.id Saat Masuk Mal di Masa PPKM Level

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:35
Cara Scan QR Code Akses Pedulilindungi.id Saat Masuk Mal di Masa PPKM Level

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah pelonggaran diterapkan oleh pemerintah, diantaranya di pusat perbelanjaan dan mal kembali dibuka, tetapi dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pelonggaran dilakukan di saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKMlevel 4 diperpanjang kembali hingga 16 Agustus 2021.

Dalam ketentuan terbaru, salah satu syarat untuk bisa masuk dan berkunjung ke mal adalah sudah harus melakukan vaksinasi dan bisa menunjukan bukti vaksinasi dari PeduliLindungi.id. Pengecekan akan dilakukan secara digital melalui QR Code yang ada pada akun PeduliLindungi.

Adapun cara scan QR code di pedulilindungi adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi PeduliLindungi dan melakukan login Klik menu Scan QR Code

2. Kemudian scan QR Code yang ada di lokasi pintu masuk dan tunjukkan hasil QR Code Anda ke petugas mal Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah Anda diizinkan masuk mal.

3. Warna hijau berarti Anda diperbolehkan masuk

4. Jika muncul warna kuning, petugas akan melakukan verifikasi ulang.

5. Apabila merah, Anda dipastikan tidak akan diizinkan masuk oleh petugas. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Lalu, apa sebenarnya QR Code atau Kode QR itu?

QR Code merupakan singkatan dari quick response code. QR Code berbentuk sebuah kode matrik atau barcode dua dimensi dengan isi kode dapat diuraikan dengan tepat dan cepat. QR Code dikembangkan pertama kali Denso Wave, perusahaan Jepang, tahun 1994. Dibandingkan dengan kode batang yang biasa, QR Code memiliki keunggulan, yaitu lebih mudah dibaca oleh pemindai dan mampu menyimpan data baik secara horizontal maupun vertikal.

Cara kerja QR Code adalah dengan membaca beberapa komponen yang ada pada kotak kode. Tiga kotak besar yang ada di setiap sudutnya menunjukan pembatas kode. Kotak yang lebih kecil berguna untuk mengukur besar kotak. Beberapa komponen pada QR Code yang terletak di tengah kode adalah pola waktu, nomor versi, dan informasi. Area-area ini akan dipindai oleh sebuah scanner dan bisa memunculkan informasi yang terdapat pada sebuah QR Code.

Di Indonesia, penggunaan QR Code mulai digalakkan, seperti untuk mendukung ekosistem pembayaran cashless melalui Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dan saat ini untuk mendukung program vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Dan, untuk akses pedulilindungi.id untuk membuka sertifikat vaksinasi Covid-19.

Cara scan QR Code

Artikel Asli