Benarkah Golongan Darah Bisa Diubah? Begini Kata Riset: Bisa, Asal...

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 11:40
Benarkah Golongan Darah Bisa Diubah? Begini Kata Riset: Bisa, Asal...

Memiliki kemampuan untuk menyumbangkan darah satu sama lain terutama dalam situasi yang mengancam jiwa adalah sesuatu yang menguntungkan. Tetapi menemukan golongan darah yang cocok adalah salah satu tantangan yang dihadapi dalam proses transfusi.

Seperti yang kita tahu, darah dapat diklasifikasikan menjadi empat kombinasi antigen: tipe A, B, AB dan O. Ketika seseorang menerima darah dari jenis yang tidak kompatibel, tubuhnya dapat mengalami banyak kerusakan.

Penyakit dapat terjadi, organ-organ mungkin mati dan dalam kasus terburuk, pasien bahkan bisa meregang nyawa.

Setiap orang dapat menerima darah O yang dianggap sebagai donor universal, tetapi orang yang memiliki golongan darah O sendiri tak dapat menerima darah dengan antigen A dan/atau B.

Sementara itu, orang dengan darah AB dianggap sebagai penerima universal yang berarti mereka enggak akan menghadapi reaksi buruk apa pun dari jenis darah yang mereka terima.

Dari kejadian ini, para ilmuwan di University of British Columbia (UBC) di Kanada membuat sebuah penelitian.

''Kami sangat tertarik pada enzim yang memungkinkan untuk menghilangkan antigen A atau B dari sel darah merah,'' kata Dr. Stephen Withers, seorang profesor di UBC.

''Jika kamu bisa mengeluarkan antigen itu, yang hanya gula sederhana, maka kamu bisa mengubah A atau B menjadi tipe O.''

Dalam studi ini, Withers dan rekan-rekannya mampu mengidentifikasi enzim dalam usus manusia yang dapat membantu mengubah golongan darah dengan antigen A dan B menjadi tipe O.

Karena tes baru dilakukan di laboratorium sejauh ini, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Dengan bantuan Canadian Blood Service, tim akan menguji lebih banyak sampel darah sebelum beralih ke pengujian berskala lebih besar dengan melakukan uji coba perawatan di klinik.

''Saya optimis bahwa kita memiliki kandidat yang sangat menarik untuk menyesuaikan darah yang disumbangkan ke tipe umum,'' kata Withers.

''Tentu saja, itu harus melalui banyak uji klinis untuk memastikan bahwa itu tidak memiliki konsekuensi buruk," tutupnya.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli