Menkes Budi Siapkan Roadmap Protokol Kesehatan di 6 Sektor Utama

Gaya Hidup | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 11:31
Menkes Budi Siapkan Roadmap Protokol Kesehatan di 6 Sektor Utama

MENTERI Kesehatan - Menkes Budi Gunadi Sadikin mengaku ingin membuat roadmap sebagai salah satu upaya apabila virus Covid-19 membutuhkan waktu yang lama untuk menghilang. Saat ini pemerintah telah menyusun pilot project tentang protokol kesehatan yang dimiliki agar bisa membuat masyarakat tetap melakukan kegiatan tapi tetap aman.

Dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM yang disiarkan di channel YouTube Sekertariat Presiden, Senin (9/8/2021), Menkes Budi mengatakan bahwa saat ini pemerintah telah menyusun pilot project tentang protokol kesehatan di 6 sektor utama.

Menkes Budi

Pertama mall atau departemen store, serta pasar tradisional seperti pasar basah atau toko kelontong. Kedua kantor dan kawasan industri, ketiga transportasi baik darat laut dan udara, keempat pariwisata, hotel, restoran atau event, kelima keagamaan, dan keenam pendidikan, terang Menkes Budi dalam keterangannya.

Presiden juga mengarahkan agar protokol kesehatan yang akan mendampingi hidup ke depannya bisa praktis dan berbasis teknologi. Selain itu protokol kesehatan juga bisa mengamankan kehidupan sehari-hari.

Sudah diputuskan oleh presiden bahwa nantinya akan menggunakan aplikasi peduli lindungi sebagai dasar penerapannya. Rencananya pada minggu depan kita akan mulai di beberapa mall, bekerjasama dengan asosiasi mall Indonesia. Kita juga telah mengintegrasikan dengan transportasi udara, di mana setiap kali kita check in akan langsung diketahui status vaksinasi dan PCR nya secara otomatis, lanjutnya.

Menkes Budi mengatakan aktivitas tersebut harus ada proses skrining untuk menentukan yang bersangkutan sudah vaksin atau tidak. Jika sudah vaksin, nanti mereka akan masuk dan memperoleh protokol yang lebih longgar dibandingkan yang belum vaksin.

Sama seperti restoran arena smoking room dan non smoking room. Misal yang sudah vaksin bisa duduk mejanya berempat dan lepas masker, sementara yang belum vaksin duduk di meja berdua dan duduk di area terbuka, tuntasnya.

Artikel Asli