Waspadai Bahaya Overhidrasi Akibat Minum Air Berlebihan

Gaya Hidup | okemom.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 11:24
Waspadai Bahaya Overhidrasi Akibat Minum Air Berlebihan

OKEMOM Tak hanya mampu menghilangkan dahaga, minum air putih juga memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan. Melansir dari Healthline , manusia umumnya membutuhkan asupan air sebanyak delapan gelas sehari atau setara dengan dua liter.

Namun, jumlah asupan cairan tersebut juga bisa berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, hingga aktivitas harian.

Apabila tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dalam jumlah yang cukup, maka tak menutup kemungkinan mengalami dehidrasi dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Kendati demikian, bukan berarti kita bisa mengonsumsi air secara berlebihan karena hanya akan memicu kondisi overhidrasi. Pasalnya, Kelebihan cairan atau overhidrasi dapat menyebabkan tubuh keracunan air.

Untuk itu, yuk ketahui jumlah asupan cairan yang tepat dan bahaya overhidrasi terhadap kesehatan berikut ini.

Jumlah asupan air berdasarkan usia

jumlah takaran air per hari
Source: Canva.com

Melansir dari Healthline , Institute of Medicine memaparkan kebutuhan jumlah asupan air berdasarkan usianya. Jumlah asupan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Berikut jumlahnya.

  • Jumlah asupan cairan untuk anak usia 1 hingga 3 tahun sebanyak 1,3 liter air.
  • Anak-anak berusia 4 hingga 8 tahun membutuhkan asupan cairan sebanyak 1,7 liter air.
  • Jumlah asupan cairan untuk anak laki-laki berusia 9 hingga 13 tahun yaitu sebanyak 2,4 liter air.
  • Remaja laki-laki usia 14 hingga 18 tahun membutuhkan asupan cairan sebanyak 3,3 liter air.
  • Jumlah asupan cairan untuk laki-laki berusia 19 tahun keatas yaitu sebanyak 3,7 liter air.
  • Anak perempuan berusia 9 hingga 13 tahun membutuhkan 2,1 liter air.
  • Jumlah asupan cairan untuk remaja perempuan berusia 14 hingga 18 tahun yaitu sebanyak 2,3 liter air.
  • Sedangkan perempuan berusia 19 tahun keatas membutuhkan 2,7 liter air setiap harinya.

Rekomendasi ini mencakup cairan dari air, minuman lain dan makanan.Sekitar 20 persen asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman.

Jenis overhidrasi

bahaya overhidrasi bagi kesehatan
Source: Canva.com

Dalam dunia medis, ada dua jenis overhidrasi atau kelebihan cairan, yaitu karena peningkatan asupan cairan dan overhidrasi karena penahanan cairan.

1. Overhidrasi peningkatan asupan cairan

Kondisi ini bisa terjadi apabila seseorang minum air dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang bisa dikeluarkan oleh ginjal melalui urine. Adanya ketidakseimbangan cairan dalam tubuh ini justru akan membuat lebih banyak air yang terkumpul di aliran darah.

2. Overhidrasi penahanan cairan

Kondisi overhidrasi penahanan cairan ini bisa terjadi apabila tubuh tidak membuang air secara maksimal. Tak hanya itu, beberapa kondisi medis juga dapat memicu tubuh menahan air lebih banyak.

Bahaya overhidrasi

bahaya overhidrasi bagi kesehatan
Source: Canva.com

Overhidrasi atau kelebihan cairan dapat menyebabkan seseorang mengalami hiponatremia. Hiponatremia merupakan gangguan keseimbangan elektrolit ketika kadar natrium (sodium) dalam darah lebih rendah dari batas normal.

Padahal, manusia sangat membutuhkan jumlah natrium yang memadai dalam aliran darah untuk membantu sel-sel menahan air. Tak hanya itu, natrium juga berfungsi untukmengendalikan kadar air dalam tubuh, menjaga tekanan darah, serta mengatur sistem saraf dan kinerja otot.

Saat seseorang mengalami hiponatremia maka risikonya dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Seperti sakit kepala, kelemahan otot, kejang, mual dan muntah, hingga penurunan kesadaran.

Apabila kondisi ini tak segera mendapat penanganan, maka bisa terjadi keracunan air karena adanya pembengkakan otak sehingga dapat mengakibatkan koma.

Cara mengatasi overhidrasi

bahaya overhidrasi bagi kesehatan
Source: Canva.com

Mengatasi overhidrasi pada tiap orang tentunya berbeda-beda karena dapat dilihat dari seberapa parah seseorang mengalami overhidrasi.

Kendati demikian, ada beberapa cara yang bisa mengurangi efek dari overhidrasi diantaranya:

  • Mengurangi asupan cairan dan pahami kebutuhan cairan setiap harinya agar tidak mengalami overhidrasi.
  • Mengonsumsi obat diuretik untuk meningkatkan jumlah urine yang keluar.
  • Menghentikan obat apapun yang dapat menyebabkan penahanan cairan.

Kini Mom sudah tahu kan bahwa minum air berlebihan akan menyebabkan overhidrasi yang tentunya bahaya bagi kesehatan tubuh. Mulai sekarang penting untuk perhatikan jumlah asupan kebutuhan cairan setiap harinya, ya!


Referensi

Artikel Asli