Vipdervir, Obat Herbal asal Vietnam yang Dipercaya Efektif Lawan Virus Corona

Gaya Hidup | rmol.id | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:26
Vipdervir, Obat Herbal asal Vietnam yang Dipercaya Efektif Lawan Virus Corona

RMOL.Para peneliti di Vietnam telah mengumumkan pada Selasa (10/8) tentang sebuah obat yang dipercaya efektif untuk melawan virus corona.

Obat berbahan dasar herbal yang dinamai Vipdervir itu telah melalui penelitian praklinis dan dikatakan telah menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam mengobati pasien Covid-19.

Vipdervir mampu mencegah SARS-CoV-2 menempel pada sel inang, atau dalam hal apa pun mengaktifkan sel kekebalan sehingga mereka dapat mengenali, memblokir, dan menghilangkan partikel virus, kata Chu Hoang Ha, wakil presiden dari Akademi Sains dan Teknologi Vietnam (VAST), seperti dikutip dari Vietnam Express.

Vietnam memiliki banyak obat yang diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan, tetapi ini adalah yang pertama telah lulus penelitian praklinis, disetujui oleh Komite Evaluasi Etik dalam Penelitian Biomedis Kementerian Kesehatan, dan diizinkan untuk memasuki uji klinis untuk mengobati Covid-19, lanjutnya..

Wakil kepala Administrasi Teknologi Sains dan Pelatihan kementerian Nguyen Ngo Quang, mengatakan kementerian mengevaluasi produk pada tahap praklinis, sebelum berlanjut evaluasi klinis.

Kementerian berharap penelitian klinis akan selesai pada akhir tahun. Ini akan memakan waktu sekitar dua-tiga bulan untuk uji coba pada manusia untuk diselesaikan, sebelum penilaian jangka menengah merangkum hasil tes, kata Quang.

Diharapkan pada akhir tahun 2021 obat tersebut sudah bisa dilisensikan untuk dijual jika ada hasil tes yang memuaskan, ujarnya. []

Artikel Asli