Frugal Living: Gaya Hidup Hemat yang Diterapkan Para Miliarder Dunia

Gaya Hidup | okemom.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 01:10
Frugal Living: Gaya Hidup Hemat yang Diterapkan Para Miliarder Dunia

OKEMOM Istilah frugal living sering digunakan untuk menjelaskan sebutan lain gaya hidup berhemat. Namun, bukan berarti pelit atau kikir. Melainkan menunda kesenangan untuk mempersiapkan rencana masa depan dan tentu tidak melulu tentang menabung.

Sederet selebritas kenamaan luar negeri, musisi, atlet, CEO perusahaan hingga para miliarder dunia pun telah lama menerapkan gaya hidup minimalis ini. Sebut saja Leonardo DiCaprio, Keanu Reeves, Jennifer Lawrence, Lady Gaga, Sadio Mane, Mark Zuckerberg, Warren Buffet dan Ed Sheeran.

Figur publik dari dalam negeri pun juga ada lho, Mom. Seperti Cinta Laura, Desi Anwar, Angela Gilsha, Amanda Manopo, Raditya Dika dan masih banyak lagi tentunya.

Menjalani hidup dengan frugal living lebih kepada mengatur pembelanjaan yang cerdas, tidak konsumtif, serta kebiasaan membeli sesuatu dilihat dari fungsi dan kegunaannya. Bukan sekadar keren atau semacamnya.

Source: Freepik

Melansir Call It Adventure , frugal living pada dasarnya adalah cara hidup cerdas menghabiskan dan menggunakan sumber daya termasuk waktu dan uang dengan bijak. Tujuannya bukan untuk belanja lebih sedikit, tetapi mengalokasikannya secara cerdas.

Jadi, poin pentingnya ialah pengelolaan uang yang bertanggung jawab. Sehingga, ke depannya bisa hidup lebih realistis. Tidak kehabisan dana ketika situasi sulit harus dihadapi, contohnya pandemi Covid-19 sekarang ini.

Terlebih, di masa pandemi seperti ini memang sulit mendapatkan kepastian akan sebuah pendapatan. Karena itu, segala macam rencana keuangan harus beradaptasi dengan keadaan yang ada. Salah satunya, mengurangi jadwal hangout .

Tidak mudah terpancing dengan kemudahan yang ada berkat teknologi. Mengendalikan diri agar tidak lapar mata sekaligus memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.

Tips memulai gaya hidup frugal living

Source: Freepik

Meski awalnya mungkin berat, namun bila terbiasa melakukannya dengan benar, maka banyak sekali manfaat frugal living yang Mom peroleh. Mulai dari menabung hingga konsumsi yang bertanggung jawab.

Kemampuan membagi prioritas keuangan untuk hal penting dan mengurangi pengeluaran di bidang lain demi menciptakan masa depan lebih baik.

Lalu, bagaimana cara memulai untuk hidup hemat? Berikut poin-poinnya.

Sekarang sudah tahu ya konsep gaya hidup frugal living . Apakah Mom berencana menerapkannya?

Referensi:

Call It Adventure. What is Frugal Living & How to Live a Frugal Life? . 2021.

Artikel Asli