Apa Itu GERD?

Gaya Hidup | okemom.com | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 00:04
Apa Itu GERD?

OKEMOM GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana refluks asam lambung mengalami pengulangan dalam jangka panjang.

Refluks asam lambung ini mengartikan situasi asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan dan dapat terjadi hingga dua kali dalam seminggu.

Penyebab awal munculnya GERD adalah sfingter esofagus bagian bawah (LES) yang mengalami ketidaknormalan atau lemah, sehingga asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

LES merupakan pita otot yang melingkar di sekitar bagian bawah kerongkongan. Tugas utama dari LES ialah memungkinkan makanan dan cairan agar mengalir ke perut dan menutup kembali ketika sudah selesai.

Oleh karena itu, jika bagian ini mengalami gangguan sedikit saja, maka proses pencernaan pun sulit berjalan dengan normal.

Dalam beberapa kasus, GERD mampu menimbulkan efek sulit menelan dan terkadang menyebabkan masalah pernapasan seperti asma.

Adapun beberapa faktor risikonya yaitu kegemukan, kehamilan, penonjolan bagian atas perut sampai diafragma (hernia hiatus), gangguan jaringan ikat (skleroderma) dan pengosongan perut yang tertunda.

Selain itu, gaya hidup yang buruk pun mampu meningkatkan risiko terjadinya GERD. Contohnya seperti merokok, makan dalam porsi besar saat malam hari, minum obat-obatan tertentu dan seringnya mengonsumsi makanan berlemak.

Terdapat beberapa gejala yang perlu Mom ketahui dari gastroesophageal reflux disease agar mudah mengenali dan mengobatinya secepat mungkin. Berikut rangkumannya.

Jika mengalami gejala di atas, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius. Sebab, komplikasi dari kondisi kesehatan ini cukup berbahaya hingga mampu meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

Referensi :

MayoClinic. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) . 2020

Healthline. Everything You Need to Know About Acid Reflux and GERD . 2019


Artikel Asli