Loading...
Loading…
7 Tips Mengenalkan Adik yang Baru Lahir pada Si Sulung, Harus Banget Dicoba Ya Moms!

7 Tips Mengenalkan Adik yang Baru Lahir pada Si Sulung, Harus Banget Dicoba Ya Moms!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 03 Agustus 2021 - 10:00

Kakak yang masih berusia kurang dari 3 tahun biasanya belum memahami arti kehadiran seorang adik. Ia terkadang akan merasa cemburu apalagi saat si adik baru lahir karena orang tuanya bahkan orang disekitar lebih memperhatikan si adik ketimbang dirinya.

Tentunya, hal ini membuat Moms dan Dads harus lebih ekstra berhati-hati untuk menjaga keduanya apalagi si kakak agar tak melakukan sesuatu hal diluar kendali. Mengingat dirinya yang masih belum paham dan masih menaruh percaya diri kalau dirinya satu-satunya orang yang disayangi oleh orang tuanya.

Meskipun begitu, berapa pun usia si kakak, sangat penting untuk mengenalkan dan memberinya pemahaman kalau keluarga ini akan kehadiran orang baru yakni si adik. Agar, si kakak tak terlalu merasa cemburu yang bisa mengganggu psikologisnya.

Berikut ini 7 tips yang bisa untuk Moms dan Dads coba mengenalkan adik pada si kakak yang harus banget dicoba, melansir dari berbagai sumber. Yuk baca sampai tuntas!

Mulai Mengganti Panggilan

Yang pertama, Moms bisa memulainya dengan cara mengganti panggilannya menjadi kakak sebagai langkah awal mengenalkan dirinya dan menumbuhkan kedewasaan sejak Moms masih mengandung.

Mengenalkan Adik Sejak Masih dalam Kandungan

Moms ajak si kaka untuk mengenal adik sejak masih dalam kandungan. Ceritakan kalau ia juga sempat berada dalam perut Moms dan akan lahir menemani kakak bermain di rumah.

Mengajak Kakak untuk Bermain dan Merawat dengan Boneka

Sebelum si kecil lahir, Moms dapat mengajaknya untuk bermain dan merawat boneka alih-alih si adik. Melalui permainan ini, si kakak bisa belajar mengenal kalau merawat bayi memang membutuhkan perhatian khusus. Seperti cara memandikan, mengganti popok, dan menyuapi makanan. Tak lupa, Moms juga harus memberikan si kakak pujian, ya!

Persiapkan Si Kakak Agar Mandiri

Meskipun ia masih berada direntang usia 2-4 tahun, tak ada salahnya untuk mengajarkannya menjadi pribadi yang mandiri walau pun tanpa adanya kehadiran adik. Setidanya, Moms dapat mendapatkan waktu rehat sejenak karena si kakak yang sudah bisa memakai baju dan makan sendiri. Tentunya, disesuaikan dengan umur si kakak ya Moms.

Membiasakan Si Kakak Bertemu Bayi

Saat masih mengandung, Moms bisa mengajak si kakak untuk bertemu dengan bayi atau adik kecil yang lain. Sebagai membiasakan si kakak yang akan sering bersama adik kecil nantinya. Moms juga bisa mengenalkan si kakak akan adik bayi dengan cara menggendong bayi lain dan mengajak si kakak untuk bermain bersama serta bercerita betapa senangnya Moms melihat si kakak saat masih bayi.

Melibatkan Si Kakak Pada Masa Kehamilan

Saat Moms belum memiliki anak, tentunya yang merasa hamil hanya Moms dan Dads saja. Berbeda ketika Moms sudah memiliki anak. Ia juga perlu untuk terlibat pada masa kehamilan Moms agar ia bisa lebih mengenal pertumbuhan dan perkembangan si adik. Ajak si kakak ikut melakukan kontrol, olahraga, dan belanja kebutuhan bayi.Hal ini tentunya akan membuat ia merasa senang dan tak sabar akan kehadiran adik bayi.

Meluangkan Waktu Bersama Si Kakak

Sebelum dan sesudah si adik bayi lahir, sebisa mungkin Moms harus melakukan quality time bersama si kakak. Hal ini sebagai bentuk kalau rasa sayang Moms and Dads sama besarnya dengan si adik agar ia tak merasa cemburu atau tak diperhatikan.

Nah itu dia tips yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk mengenalkan si kakak terhadap adik yang akan lahir. Semoga membantu ya!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Original Source

Topik Menarik