5 Pertanyaan Seputar Vaksin Covid-19 yang Wajib Diketahui

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at 02/08/2021 00:30
5 Pertanyaan Seputar Vaksin Covid-19 yang Wajib Diketahui

Upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona selain dengan menerapkan protokol kesehatan juga diwajibkan untuk vaksinasi. Vaksinasi adalah langkah penting penting untuk mengakhiri pandemi sebelum kondisinya menjadi semakin parah dan berlarut-larut.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang menolak vaksin Covid-19 dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah keamanan vaksin Covid-19 dan kurangnya informasi serta edukasi mengenai pentingnya vaksin Covid-19 di kalangan masyarakat di Indonesia. Dilansir dari Unicef, berikut beberapa pertanyaan seputar vaksin yang wajib Anda ketahui:

1. Apakah vaksin COVID-19 aman?

Ya! meskipun pengembangan vaksin COVID-19 diupayakan berjalan secepat mungkin, vaksin tetap harus melalui serangkaian uji klinis yang ketat untuk membuktikan kesesuaiannya dengan standar internasional dalam hal keamanan dan efektivitas vaksin. Hanya vaksin yang dinilai telah memenuhi standarlah yang akan mendapatkan persetujuan WHO dan otoritas nasional.

2. Vaksin COVID-19 mana yang paling baik untuk saya?

Semua vaksin yang disetujui oleh WHO telah terbukti aman dan efektif dalam melindungi penerimanya terhadap sakit berat yang ditimbulkan oleh COVID-19. Dengan demikian, vaksin terbaik adalah vaksin yang paling siap untuk diakses!

3. Apakah vaksin COVID-19 juga efektif melawan varian baru virus?

Menurut WHO, vaksin-vaksin yang sejauh ini telah disetujui penggunaannya diharapkan minimal dapat memberikan sebagian perlindungan terhadap varian baru virus. Para ahli di seluruh dunia terus mempelajari dampak varian baru terhadap perilaku virus, termasuk potensi dampaknya terhadap efektivitas vaksin COVID-19.

Apabila vaksin-vaksin yang ada saat ini terbukti tidak terlalu efektif melawan satu atau lebih varian baru, komposisi kandungan vaksin dapat diubah untuk meningkatkan efek perlindungannya. Pada masa mendatang, mungkin dibutuhkan pengubahan terhadap vaksinasi, seperti pemberian dosis ulangan (booster) ataupun pembaruan lainnya.

4. Bagaimana cara kerja vaksin COVID-19?

Vaksin bekerja dengan cara meniru agen penyakit, baik berupa virus, bakteri, maupun mikroorganisme lain yang bisa menyebabkan penyakit. Dengan meniru, vaksin mengajarkan sistem kekebalan tubuh kita untuk secara spesifik bereaksi dengan cepat dan efektif melawan agen penyakit.

Biasanya, hal tersebut dapat terjadi karena vaksin membawa agen penyakit yang sudah dilemahkan. Sistem kekebalan tubuh pun belajar dengan membangun memori tentang penyakit. Dengan begitu, tubuh kita bisa dengan cepat mengenali suatu penyakit dan melawannya sebelum kita menderita sakit berat.

5. Apakah vaksin COVID-19 memiliki kandungan hewani?

Tidak. Semua vaksin COVID-19 yang disetujui WHO tidak mengandung produk hewan.

Artikel Asli