21 Pilihan Nama Bayi Laki-Laki Sunda yang Penuh Makna

katadata.co.id | Gaya Hidup | Published at 22/07/2021 17:24
21 Pilihan Nama Bayi Laki-Laki Sunda yang Penuh Makna

Dahulu kita sering mendengar pepatah apalah arti sebuah nama, padahal nama menjadi hal yang penting karena merupakan sebuah doa. Makanya, banyak orang tua yang lebih berhati-hati saat mencari nama untuk anak-anaknya.Nama bayi laki-laki Sundaberikut ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk memberikan nama kepada anak laki-laki Anda.

Selain menjadi identitas, nama dengan mengadopsi bahasa Sunda juga memiliki arti yang bagus. Untuk anda yang sedang menjadi nama untuk anak laki-laki anda, berikut ini beberapa referensi nama bayi laki-laki dengan menggunakan unsur Sunda.

Nama Bayi Laki-Laki Sunda Anak Pertama

Menyambut kehadiran anak pertama tentu banyak yang harus dipersiapkan. Namun, minimnya pengalaman terkadang membuat para calon orang tua baru bingung apa yang harus dilakukan saat anak tersebut lahir. Tak jarang para calon orang tua baru ini juga kesulitan dalam mencarikan nama untuk sang buah hari. Berikut ini kami berikan beberapa referensinama bayi laki-laki Sunda khusus untuk anak pertama, yang bisa menjadi inspirasi untuk anda:

1. Wisesa Rakha Pratama

Nama Wisesa Rakha Pratama bisa menjadi salah satu pilihan nama yang dapat diberikan untuk putra pertama. Wisesa memiliki arti Maha kuasa atau bisa juga dimaknai sebagai pemilik kekuasaan. Rakha berarti tanggung jawab atau ada juga yang mengartikannya kakak. Pratama berarti anak pertama. Sehingga nama tersebut memiliki arti anak laki-laki pertama yang bertanggung jawab terhadap kekuasaan yang dimilikinya.

2. Aang Parta Utama

Aang Parta Utama juga merupakan nama bayi laki-laki Sunda yang bisa diberikan untuk anak pertama. Aang memiliki arti yang tersayang. Parta berarti pahlawan dan Utama berarti anak laki-laki pertama. Maka nama tersebut memiliki makna anak laki-laki pertama yang disayangi dan akan menjadi pahlawan untuk keluarga dan orang-orang disekitarnya.

3. Aa Ageng Markasih

Nama bayi laki-laki Sunda dan artinya selanjutnya yaitu Aa Ageng Markasih. Aa dalam Bahasa Sunda memiliki arti kakak atau sebutan untuk anak yang lebih tua. Ageng memiliki arti anak laki-laki yang gagah, dan Markasih memiliki arti penyayang. Maka arti nama tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang gagah dan penyayang.

4. Galih Eka Sutresna

Galih memiliki arti baik hati. Eka berarti anak pertama, dan Sutresna berarti cinta sejati. Makna dari nama bayi laki-laki Sunda tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang baik hati dan memiliki cinta sejati untuk keluarga ataupun orang disekitarnya. Harapannya kelak anak laki-laki tersebut bisa selalu mencintai dan menyayangi keluarga dan sesamanya.

5. Adiwangsa Cahya Nataprawira

Nama Adiwangsa Cahya Nataprawira juga cocok untuk diberikan kepada anak pertama. Adiwangsa memiliki arti bangsa utama. Cahya berarti cahaya. Nataprawira berarti pemimpin yang teguh. Sehingga makna dari nama tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang bercahaya dan akan menjadi pemimpin yang teguh. Nama tersebut menjadi doa agar kelak anak laki-laki tersebut bisa menjadi pemimpin yang disegani dan bijaksana.

6. Bayu Dana Gumelar

Nama bayi laki-laki Sunda anak pertama berikutnya yakni Bayu Dana Gumelar. Bayu memiliki arti angin, maksudnya adalah kelak anak tersebut bisa membawa kesejukan untuk orang tua dan orang-orang disekitarnya seperti angin. Dana berarti kaya. Gumelar berarti kehormatan. Maka nama tersebut memiliki arti anak laki-laki yang kaya, terhormat, dan bisa membawa kesejukan. Harapannya anak tersebut nantinya akan berhasil dalam meraih cita-citanya, menjadi orang yang dihormati, dan bisa membawa kebaikan kepada banyak orang.

7. Ginanjar Hamdan Pradana

Ginanjar memiliki arti pemberian atau hadiah. Hamdan berarti terpuji. Pradana berarti pertama atau anak pertama. Nama bayi laki-laki Sunda ini memiliki makna anak pertama yang terpuji dan menjadi pemberian terindah dari Tuhan. Nama ini menjadi bentuk rasa syukur dari orang tua atas karunia buah hari yang lahir dengan selamat dan tumbuh menjadi anak yang sehat dan terpuji budi pekertinya.

8. Indra Karta Pratama

Nama bayi laki-laki Sunda anak pertama berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Indra Karta Pratama. Nama ini memiliki arti anak laki-laki pertama yang lahir dengan aman atau selamat dan memiliki sifat lembut. Indra memiliki arti lembut, Karta berarti aman atau bisa juga dimaknai sebagai selamat, sedangkan Pratama berarti anak pertama.

9. Ageng Eka Kurniawan

Nama sunda penuh makna berikutnya yang juga bisa anda berikan untuk putra pertama anda yaitu Ageng Eka Kurniawan. Ageng berarti laki-laki yang gagah. Eka memiliki arti pertama atau anak pertama. Dan Kurniawan berarti laki-laki yang menjadi karunia Tuhan. Maka makna nama bayi laki-laki Sunda tersebut adalah anak laki-laki pertama yang gagah dan merupakan karunia Tuhan. Melalui nama ini, orang tua menunjukkan rasa syukur atas kehadiran buah hati yang gagah dan juga sehat.

10. Pradana Ragasuci Prawiraharja

Pradana berarti pertama atau anak pertama. Ragasuci berarti berbadan suci. Prawiraharja berarti teguh hati. Maka arti dari nama tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang suci dan memiliki hati yang teguh.

11. Tangguh Pratama Surawijaya

Nama Tangguh berarti anak yang kuat. Pratama berarti anak pertama. Dan Surawijaya berarti dewa kejayaan. Maka makna nama bayi laki-laki Sunda tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang kuat dan memiliki kejayaan. Harapannya anak tersebut bisa menjadi sosok orang kuat dan bisa hidup dengan makmur serta bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.

Nama Bayi Laki-Laki Sunda Islami

Nama bayi laki-laki dengan nuansa Islami juga bisa menjadi pilihan untuk anda yang sedang mencari nama untuk putra kesayangan. Berikut ini daftarnama bayi laki-laku Sunda Islami yang bisa menjadi inspirasi untuk anda:

1. Wahyu Askara Ilmani

Wahyu memiliki arti pesan. Askara berarti sempurna. Ilmani berarti berilmu. Maka nama bayi laki-laki Sunda tersebut memiliki makna anak laki-laki yang sempuna, berilmu, dan membawa pesan kebaikan.

2. Muhammad Arsa Atmaja

Rekomendasi nama bayi berikutnya yaitu Muhammad Arsa Atmaja. Muhammad merupakan nama nabi, sosok laki-laki yang menjadi panutan, pemimpin yang gagah, berani, dan cerdas. Arsa berarti keinginan. Dan Atmaja berarti anak atau putra. Maka nama tersebut memiliki arti anak laki-laki yang memiliki banyak keinginan atau cita-cita dan akan menjadi sosok laki-laki seperti Nabi Muhammad yang gagah, berani, dan cerdas.

3. Galih Saputra Hakam

Nama bayi laki-laki Sunda Islami yang bisa menjadi referensi untuk ada selanjutnya yaitu Galih Saputra Hakam. Galih berarti baik hati. Saputra berarti anak laki-laki. Sedangkan Hakam sama dengan Hakim, bisa dimaknai sebagai adil dan bijaksana. Nama tersebut jika dirangkai menjadi satu kalimat memiliki makna anak laki-laki yang baik hati, adil dan bijaksana. Dari nama ini, ada harapan dari orang tua agar kelak anaknya bisa menjadi seseorang yang senantiasa menegakkan keadilan dan bersikap bijaksana.

4. Khalifah Harsana Dwiyata

Khalifah diambil dari Bahasa Arab yang artinya pemimpin. Harsana berarti gembira atau bahagia. Sedangkan Dwiyata bisa diartikan sebagai anak kedua. Maka nama tersebut memiliki arti anak laki-laki kedua yang akan menjadi pemimpin dengan membawa kegembiraan. Harapanya, kelak anak laki-laki tersebut akan menjadi sosok seorang pemimpin yang selalu dirindukan oleh masyarakatnya sehingga bisa membawa kebahagiaan kepada semua orang.

5. Purnama Shiddiq Nataprawira

Nama bayi laki-laki Sunda dengan nuansa Islami berikutnya yaitu Purnama Shiddiq Nataprawira. Purnama memiliki arti bulan purnama, atau dalam hal ini bisa dimaknai sebagai anak yang terang dan indah seperti bulan purnama. Shiddiq berarti benar atau jujur. Sedangkan Nataprawira berarti pemimpin. Kata-kata tersebut akan membentuk sebuah nama yang memiliki makna anak laki-laki dengan wajah cerah, terang, dan indah kelak akan menjadi pemimpin yang jujur.

6. Gagah Edi Al-Fatih

Nama Gagah Edi Al-Fatih bisa menjadi pilihannama bayi laki-laki Sunda Islami berikutnya. Gagah berarti anak laki-laki yang gagah, tegas, dan kuat. Edi berarti indah. Sedangkan Al-Fatih berarti penakluk atau pemimpin. Maka arti dari nama tersebut adalah anak laki-laki tampan dan seorang pemimpin yang gagah, tegas, kuat. Harapannya kelak anak tersebut bisa menjadi pemimpin yang gagah dan disegani serta dihormati banyak orang.

7. Amirul Cahya Sudarsana

Amirul diambil dari kata Amir yang berarti pemimpin. Cahya berarti cahaya. Sudarsana berarti teladan. Sehingga makna dari nama bayi laki-laki tersebut adalah anak laki-laki yang bercahaya dan menjadi pemimpin yang teladan.

8. Dian Fahmi Kertarajasa

Nama selanjutnya yang kami rekomendasikan yaitu Dian Fahmi Kertarajasa yang artinya anak laki-laki bersinar yang menjadi pemimpin dengan ilmu pengetahuan yang luas. Dian berarti cahaya atau pelita dan bisa dimaknai bersinar. Fahmi dari Bahasa Arab yang berarti memahami dan bisa dimaknai sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan luas. Sedangkan Kertarajasa merupakan nama seorang raja.

9. Jalu Dewa Wicaksana

Jalu Dewa Wicaksana bisa menjadi pilihannama bayi laki-laki Sunda berikutnya. Jalu memiliki arti laki-laki yang bertakwa. Dewa bisa dimaknai sebagai pemimpin yang adil dan bijaksana. Wicaksana berarti bijaksana. Maka makna dari nama tersebut ialah anak laki-laki yang bertakwa dan akan menajdi pemimpin yang bijaksana.

10. Durahman Putra Avram

Durahman memiliki arti pengasih. Putra berarti anak laki-laki. Avram berarti agung. Maka makna nama tersebut adalah anak laki-laki yang agung dan pengasih. Nama tersebut menjadi harapan dari orang tua agar kelak anaknya bisa dihormati serta menjadi doa agar kelak anak tersebut bisa menjadi anak yang pengasih dan penyayang kepada sesama.

Itulah beberapa nama bayi laki-laki Sunda yang dapat menjadi referensi untuk anda yang sedang mencari nama untuk putra kesayangan anda. Berikanlah nama terbaik karena merupakan doa dan harapan.

Artikel Asli