Tips Menghindari Jerawat Saat Pakai Masker

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 22/07/2021 16:57
Tips Menghindari Jerawat Saat Pakai Masker

Bisnis.com, JAKARTA Penggunaan masker selama masa pandemi merupakan sebuah kewajiban demi meminimalisir penularan virus Covid-19. Namun, penggunaan masker sehari-hari dapat menimbulkan banyak permasalahan pada kulit wajah.

Masalah kulit wajah juga dapat meningkat saat memasuki musim panas yang memberikan efek panas luar biasa dan mudah berkeringat.

Pakar DoctorTakvimi, Zahide Eris mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan untuk mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh penggunaan masker.

Kita harus mencuci muka dengan gel pembersih khusus ketika kita pulang dari bepergian. Saya merekomendasikan agar mereka yang memiliki masalah serius, seperti rosacea dapat menggunakan krim tabir surya, bahkan hanya di rumah saja, ucap Zahide Eris yang dilansir dari Railly News , Kamis (22/7/2021).

Berbagai masalah bisa muncul pada kulit yang dapat terpicu saat mengalami stres, perubahan kebiasaan makan akibat berdiam diri di rumah, paparan cuaca panas, ditambah penggunaan masker. Pada kulit berminyak, peningkatan sekresi minyak bersama dengan keringat dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori di kulit, yang mengakibatkan jerawat.

Zahide Eris menggarisbawahi bahwa untuk mencegah masalah ini, perhatian harus diberikan pada kebersihan sehari-hari, diantaranya:

  1. Setelah Bepergian dari Luar, Pastikan Mencuci Muka dengan Gel Pembersih.

Selama penggunaan masker, kulit wajah menjadi tertutup dan mengakibatkan peningkatan minyak pada kulit. Oleh karena itu, cuci wajah dua kali sehari dengan gel pembersih khusus yang cocok untuk jenis kulit Anda. Lakukan juga eksfoliasi wajah setiap seminggu sekali yang dapat membantu mencegah pembentukan jerawat dengan menjaga pori-pori pada kulit tetap terbuka.

  1. Jika Memiliki Rosacea, Gunakan Sunscreen saat di Rumah

Rosacea merupakan gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik yang menyerupai jerawat. Peningkatan keluhan rosacea sering terjadi karena cuaca panas di bulan musim panas dan penggunaan masker selama pandemi.

Dr. Eris memberikan saran kepada mereka yang menderita rosacea, yakni mandi dengan air hangat, lalu lembabkan kulit Anda dengan menggunakan tabir surya secara teratur, termasuk di rumah, dan tetap di tempat yang sejuk.

  1. Jika Masker Basah karena Keringat, Segera Ganti yang Baru

Kelenjar keringat dapat tersumbat karena peningkatan keringat karena penggunaan masker. Masalah wajah seperti kemerahan, gatal, bengkak, dan pengelupasan dapat terjadi pada kulit saat memakai masker. Dr. Eris menyarankan untuk mengganti masker yang telah basah karena keringat, sehingga pori-pori di wajah tidak tersumbat.

Artikel Asli