Cara Tepat Mengatasi Trauma Pasca Keguguran

glitzmedia.co | Gaya Hidup | Published at 22/07/2021 14:04
Cara Tepat Mengatasi Trauma Pasca Keguguran

Berikut cara tepat mengatasi trauma pasca keguguran.


Kehamilan merupakan anugerah terindah untuk setiap kaum perempuan di dunia. Namun sayang, tidak semua perempuan bisa menjalani kehamilan dengan lancar. Keguguran merupakan salah satu alasannya. Peristiwa yang cukup menakutkan ini tentu saja tidak diinginkan oleh siapa pun. Pasalnya, kejadian ini menyebabkan harapan untuk menjadi orangtua hilang begitu saja.

Bahkan untuk beberapa pasangan, hal ini bisa menyebabkan trauma yang berkepanjangan. Agar trauma ini tidak semakin berlarut-larut, lakukan beberapa cara ini mengatasi trauma pasca keguguran.


BERDAMAI DENGAN DIRI SENDIRI

Tak jarang calon ibu yang megalami keguguran menyalahkan dirinya sendiri, padahal belum tentu hal tersebut benar. Rasa sedih, tertekan, dan putus asa, merupakan hal yang wajar dirasakan. Namun, jangan berlarut-larut, Moms. Moms tidak boleh menutup dan menyalahkan diri sendiri. Moms harus berani menerima kenyataan dan kembali menjalani hidup. Ini merupakan cara awal mengatasi trauma pasca keguguran yang harus dilakukan.



TERBUKA DENGAN SUAMI

Tidak hanya Moms saja yang sedang berduka, namun pasangan pun juga merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, jalinlah komunikasi yang terbuka dengan satu sama lain. Bangun kembali hubungan yang segar dengan melakukan kegiatan favorit bersama atau jika perlu timbulkan romantisme dalam hubungan Moms dan pasangan.


SUPPORT SYSTEM

Bukan hanya dari pasangan saja, Moms juga harus terbuka dan minta dukungan dari teman, sahabat, ataupun anggota keluarga lainnya. Moms bisa mulai dengan berbagi perasaan, ceritakan kepada meraka apa yang dirasakan. Dengan melakukan hal ini, biasanya Moms akan merasa lebih lega dan beban pikiran pun terangkat. Tidak hanya itu, lakukan me time bersama sahabat seperti pergi ke salon, menonton film favorit ataupun shopping juga bisa menjadi cara mengatasi trauma pasca keguguran.




KEMBALI BERUSAHA

Jangan pernah menyerah untuk kembali berusaha mendapatkan momongan. Lupakan segala beban pikiran dan munculkan kembali romantisme di dalam hubungan Moms dan pasangan. Pergi berlibur sebagai kegiatan honeymoon kedua bisa dilakukan. Lakukan hubungan intim yang nyaman dan rileks. Dengan demikian Moms bisa mengatasi trauma pasca keguguran dengan baik.

(Mondials Anindhita, foto: Freepik.com/yanalya/prostooleh/freepic.diller)
Artikel Asli