Hari Anak Nasional, Pelaku Industri Dukung Vaksinasi agar Tercapai Herd Immunity

inewsid | Gaya Hidup | Published at 22/07/2021 11:26
Hari Anak Nasional, Pelaku Industri Dukung Vaksinasi agar Tercapai Herd Immunity

JAKARTA, iNews.id - Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu cara untuk mengurangi penularan Covid-19. Tujuannya agar terbentuk herd immunity atau sistem kekebalan kelompok.

Tidak hanya orang dewasa, vaksinasi juga diperlukan oleh anak-anak. Dengan demikian, anak dapat melakukan aktivitas dan mempersiapkan diri untuk belajar tatap muka.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, pelaku industri PT United Family Food (Unifam) perusahaan makanan dan minuman di Indonesia menginisiasi kegiatan Vaksin Ceria. Kegiatan ini bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Barat. Kegiatan vaksinasi ini dikhususkan untuk anak usia 12-17 tahun dan dilaksanakan pada 17-24 Juli 2021 di SMAN 2 Jakarta & SMAN 33 Jakarta.

CEO Unifam, Steven Wijaya mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen Unifam untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi anak sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 dan melindungi anak-anak dari dampak pandemi.

Menurutnya, hingga 19 Juli 2021, Unifam dan Polres Metro Jakarta Barat dari Unit Kasat Reskrim serta Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) telah memvaksin 1.200 anak dari target 3.500 anak di acara ini. Selain itu, karena tingginya antusiasme masyarakat kegiatan Vaksin Ceria yang semula hanya sampai 23 Juli, ditambahkan satu hari sampai 24 Juli 2021.

"Sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai keluarga, Unifam ingin membantu orangtua untuk meredakan kekhawatiran mereka lewat kegiatan vaksin ini," kata Steven Wijaya, melalui keterangan tertulisnya belum lama ini.

Menurut dia, selama ini produk-produk Unifam diperuntukkan untuk anak-anak, sehingga penting bagi dia untuk memastikan anak-anak tetap aman dan nyaman di tengah pandemi.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berkontribusi positif untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 serta membantu pemerintah mendorong kekebalan kelompok (herd immunity)," ujarnya.

Adapun anak-anak yang divaksin harus memiliki berbagai persyaratan, yaitu masyarakat umum, terutama anak usia 12-17 tahun, dalam keadaan sehat, bagi yang terkena Covid-19 bisa mengikuti program vaksinasi 3 bulan setelah dinyatakan sembuh, membawa Kartu Keluarga atau dokumen yang menyertakan NIK.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya percepatan vaksin di wilayah Jakarta Barat. Dia memiliki target vaksin sebanyak 26.000 orang per hari sampai 17 Agustus 2021.

Menurutnya, melalui kegiatan vaksinasi yang berkesinambungan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat agar terjaga dengan baik dan kasus Covid-19 bisa turun.

Artikel Asli