Cara Masak Oseng-Oseng Mercon Daging Kurban, Pedasnya Bikin Ketagihan

inewsid | Gaya Hidup | Published at 22/07/2021 10:52
Cara Masak Oseng-Oseng Mercon Daging Kurban, Pedasnya Bikin Ketagihan

JAKARTA, iNews.id - Momen Idul Adha hingga saat ini masih terasa. Daging kurban yang disimpan di kulkas juga masih tersisa banyak. Kali ini, jika mulai bosan memasak rendang, sate, dan tongseng, Anda bisa bikin menu lezat lain, yaitu Oseng-Oseng Mercon.

Makanan yang terkenal di Yogyakarta ini terkenal enak dan identik dengan rasa pedasnya. Siapa saja yang mencicipi Oseng-Oseng Mercon dijamin akan ketagihan.

Untuk membuat Oseng-Oseng Mercon juga tidak terlalu sulit. Sebab, makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi, kikil, dan gajih. Cara masaknya simpel, Anda hanya menyiapkan bumbu khusus dan cabai rawit dengan cara dioseng-oseng.

Tertarik membuat Oseng-Oseng Mercon Daging Kurban pedas? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @ ferlieta_lim, Kamis (22/7/2021).

Bahan:

500 gr daging sapi (sesuai selera mau pakai bagian daging apa saja)
4 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 ruas lengkoas, geprek
1 ruas jahe, geprek
2 batang serai, geprek bagian putihnya
1 sdm gula merah
10 cabai rawit utuh
Garam, penyedap jamur, lada secukupnya
200 ml air kaldu sisa rebusan daging

Bumbu blender kasar/ulek:

12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 ons cabai rawit merah mix cabai merah keriting

Cara memasak:

1. Rebus daging sapi yang sudah dipotong-potong kecil/dadu dengan sedikit jahe dan 2 lembar daun salam sampai empuk (bisa pakai presto 15 menit). Lalu saring sisa air rebusan 200 ml. Sisihkan.
2. Tumis bumbu yang sudah diblender/ulek bersama 2 lembar daun salam, daun jeruk, serai, jahe, lengkuas sampai harum.
3. Masukkan daging yang sudah direbus dan cabai rawit utuh, masak daging hingga berubah warna, tambahkan sisa air rebusan, gula merah dan bumbuin garam, penyedap jamur, lada masak hingga air menyusut/ daging empuk (api kecil). Koreksi rasa. Angkat. Sajikan.

Artikel Asli