Kemenkes: Keterisian Tempat Tidur di Tingkat Provinsi Relatif Menurun

okezone | Gaya Hidup | Published at 22/07/2021 01:09
Kemenkes: Keterisian Tempat Tidur di Tingkat Provinsi Relatif Menurun

LEDAKAN Covid-19 di Tanah Air mulai menemukan titik terang. Setelah meledak lebih dari 54 ribu kasus positif dalam sehari, kini tren konfirmasi positif di Covid-19 mulai menunjukkan penurunan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi.

pasien Covid-19

Dalam live streaming update perkembangan PPKM Darurat yang disiarkan di channel YouTube Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, ia menjelaskan bahwa hari ini jumlah konformasi positif Covid-19 sebanyak 33.773 kasus. Sementara kasus sembuh sebanyak 32.867 dan angka kematian sebanyak 383.

Tak hanya itu, terkait keterisian tempat tidur, Bed Occupancy Ratio (BOR) di tingkat provinsi pun relatif menurun. Meski Demikian, dr. Siti menambahkan bahwa sebagian provinsi di Jawa Bali masih di level kapasitas respon yang sama seperti Provinsi DIY Yogyakarta, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. Berikut laporan lengkap mengenai BOR yang ada di kabupaten/kota Indonesia.

1. Tingkat keterisian tempat tidur Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah menurun sampai dengan di bawah 80 persen. Sehingga kapasitas respon perawatan yang semula terbatas menjadi kapsitas yang levelnya sedang.

2. Bali BOR terjadi peningkatan walau masih di bawah 80 persen.

3. Kalimantan Timur, menjadi satu-satunya provinsi di luar Jawa Bali dengan tingkat keterisian pada angka 81 persen.

4. DKI Jakarta BOR menurun dibandingkan dengan minggu lalu yang mencapai 92 persen. Saat ini BOR di angka 84 persen dengan angka distribusi mulai dari 78,5 persen di Jakarta Utara sampai 94,2 persen di Jakarta Barat. Jumlah tempat tidur masih terus akan ditambah.

5. Jawa Barat angka keterisian tempat perawatan menurun hingga 89 persen dari minggu lalu 79 persen. Hampir seluruh kabupaten kota melaporkan penurunan tempat keterisian perawatan. BOR tertinggi berada di kabupaten Ciamis yang memiliki 118 tempat tidur dan yang terendah adalah Kabupaten Garut dengan 46,7 persen yang memiliki 761 tempat tidur.

6. Jawa Tengah terjadi penurunan BOR dari 86 persen menurun menjadi 78 persen di banyak kabupaten kota di Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah kabupaten kota menurun atau relatif tetap dibandingkan pada minggu sebelumnya dengan pengecualian khususnya Kabupaten Pekalongan yang mengalami peningkatan BOR dari 77,6 persen menjadi 82,9 persen. Walau jumlah tempat tidur sudah bertambah menjadi 98 dari minggu sebelumnya sebanyak 87 tempat perawatan.

7. DIY Yogyakarta, BOR relatif tetap dibandingkan minggu sebelumnya, dengan pengecualian Kabupaten Kulon Progo yang mengalami penurunan menanji 68 persen. Namun peningkatan terjadi di Kabupaten Gunung Kidul menjadi 89 persen dari sebelumnya 81 persen.

Artikel Asli