Jerawat di Ketiak, Ini Penyebabnya!

yesdok.com | Gaya Hidup | Published at 22/07/2021 00:55
Jerawat di Ketiak, Ini Penyebabnya!

Kulit di bawah lengan sangat tipis dan halus. Ini mengandung banyak kelenjar keringat dan folikel rambut yang bisa tersumbat. Akibatnya ketiak rentan terhadap jerawat, bisul, dan masalah kulit lainnya, yang tentu bisa membuat ketidaknyamanan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat dan benjolan di ketiak, termasuk:

Gesekan dengan baju

Area ketiak mendapat cukup banyak gesekan dengan kulit atau dengan baju. Setiap kali kulit bergesekan dengan kulit, ada kemungkinan kulit menjadi cedera, iritasi, dan bahkan infeksi. Gesekan ini dapat menyebabkan peradangan dan iritasi di ketiak, yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat muncul. Orang sering berkeringat di ketiak, bahkan setelah menggunakan deodoran atau antiperspiran, dan kelembapan ini dapat memperburuk iritasi.

Luka akibat pisau cukur

Rutin menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan rambut di ketiak, dapat meningkatkan gesekan dan iritasi pada kulit halus di area ketiak. Mencukur ketiak dapat menyebabkan ruam merah, luka, dan iritasi kulit. Ini bisa terasa gatal dan tidak nyaman, namun bisa sembuh dalam beberapa hari. Luka akibat pisau cukur sangat mungkin terjadi jika seseorang menggunakan pisau cukur yang sudah tua atau tumpul, atau ketika ia mencukur tanpa melembapkan kulit. Menggunakan pisau cukur yang sudah tua juga dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam luka kecil di kulit, yang dapat menyebabkan infeksi kulit seperti folikulitis atau bisul yang menyerupai jerawat.

Rambut tumbuh ke dalam

Ketika sebuah rambut tumbuh ke dalam, ini merupakan kondisi di mana rambut yang tumbuh dari folikel rambut kemudian melingkar atau meringkuk yang kemudian tumbuh kembali ke dalam kulit.

Rambut yang tumbuh ke dalam biasanya sembuh dengan sendirinya. Penting untuk tidak mencungkil atau merusak kulit di atas rambut yang tumbuh ke dalam, karena ini dapat menyebabkan bakteri masuk dan kemudian mengakibatkan folikulitis.

(Foto: cremocompany.com)

Artikel Asli