Tips Merawat Anak dengan Asma di Tengah Pandemi

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 20/07/2021 10:00
Tips Merawat Anak dengan Asma di Tengah Pandemi

Bisnis.com, JAKARTA Penderita asma merupakan salah satu kelompok yang dinilai rentan terinfeksi Covid-19. Covid-19 yang sering memengaruhi paru-paru membawa kekhawatiran bagi orang tua yang memiliki anak dengan asma.

Dr Sylvia Owusu-Ansah, Direktur EMS / Pra-Rumah Sakit untuk RSA UOMC Pittsburgh dan Dr Franziska Rosse, Asisten Profesor Pediatri Di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh menjawab beberapa pertanyaan umum dan cara membantu menjaga anak-anak dengan asma agar tetap sehat selama pandemi, melansirhealthychildren.org.

Orang dengan kondisi kesehatan kronis memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit yang lebih parah jika mereka terkena Covid-19.

Seberapa penting asma anak saya terkontrol dengan baik selama pandemi Covid-19 ini?

Selalu penting agar asma anak Anda terkontrol dengan baik. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini sangat penting. Bila memungkinkan, anak-anak Anda perlu dicegah agar tidak membutuhkan perawatan gawat darurat. Memiliki asma yang tidak terkontrol merupakan faktor risiko serangan asma, jadi mengontrol asma adalah tujuan Anda. Namun, jika anak Anda mengalami asma darurat, jangan tunda mencari perawatan medis segera.

Jika Anda tidak yakin asma anak Anda terkontrol dengan baik, hubungi dokter anak Anda atau penyedia perawatan asma lainnya. Asma yang terkontrol dengan baik biasanya:

- Batuk tidak lebih dari 2 hari per minggu
- Terbangun di malam hari karena batuk tidak lebih dari sekali per bulan (atau tidak lebih dari 2 kali terbangun di malam hari untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas)
- Membutuhkan 2 atau kurang perawatan penyelamatan per minggu (ini tidak termasuk pra-perawatan sebelum berolahraga)
- Tidak memiliki lebih dari 1 jenis steroid oral seperti prednison dalam 12 bulan terakhir
- Mampu berpartisipasi penuh dalam aktivitas rutin tanpa keterbatasan pernapasan
Ini akan menjadi saat yang tepat untuk meninjau kontrol asma anak Anda dan rencana manajemen dengan dokter Anda. Saat ini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat memeriksa asma anak Anda baik melalui telepon atau telemedicine. Dokter anak Anda dan penyedia layanan kesehatan lainnya ingin tahu tentang masalah asma anak Anda, jadi jangan ragu untuk menghubungi mereka.

Bagaimana jika anak mengalami serangan asma selama pandemi?

Untuk anak-anak penderita asma, sebaiknya orang tua memastikan memiliki rencana tindakan asma. Rencana tindakan asma akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan setiap hari untuk perawatan asma dan apa yang harus dilakukan jika anak Anda memiliki gejala asma. Penting untuk mengelola serangan asma dengan cara yang sama seperti biasa selama pandemi. Jangan khawatir tentang penggunaan steroid oral, misalnya, jika itu adalah bagian dari rencana tindakan anak Anda. Ini tidak akan meningkatkan risiko dan penyakit Covid-19. Pastikan Anda memberi tahu dokter anak Anda tentang pertanyaan apa pun yang Anda khawatirkan tentang obat asma atau rencana tindakan anak Anda.

Kapan saya harus mencari perawatan darurat untuk anak yang menderita asma?
Segera pergi ke ruang gawat darurat atau hubungi 118 atau 119 jika anak Anda mengalami gejala yang meliputi:

- Tidak bisa bernapas, berbicara dengan kalimat lengkap (jika sesuai dengan perkembangan), atau berjalan karena kesulitan bernapas
- Gerakan otot-otot di antara tulang rusuk, perut (kadang-kadang disebut pernapasan perut) dan/atau di leher
- Muncul warna kebiruan atau keabu-abuan di sekitar mulut atau kuku mereka
- Membuat suara mendengus, kepala terombang-ambing, tidak menanggapi perawatan albuterol
- Merasa mengantuk atau bingung
Rencana tindakan darurat anak Anda dapat memberikan rincian lebih lanjut tentang kapan harus mencari perawatan segera atau darurat.

Beberapa anak mungkin tidak memerlukan perawatan darurat, tetapi memerlukan perubahan dalam rencana perawatan atau pemantauan yang lebih ketat. Hubungi dokter anak atau penyedia layanan kesehatan Anda jika anak Anda mengalami salah satu dari gejala berikut:

- Peningkatan batuk; nyeri dada, nyeri punggung
- Penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas biasa
- Gejala tidak menanggapi albuterol
- Membutuhkan perawatan albuterol lebih sering daripada setiap 4 jam
- Tidak membaik setelah 2-3 hari peningkatan albuterol

Dengan Covid-19, bentuk obat asma apa yang terbaik untuk diberikan--pengobatan inhaler atau nebulizer?
Bagian penting lainnya dari perawatan dan pengendalian asma adalah mengetahui cara terbaik untuk minum obat asma. Sekarang adalah waktu yang tepat bagi siapa saja yang menderita asma untuk meninjau cara memastikan mereka menggunakan obat dengan benar.

Menggunakan nebulizer untuk perawatan albuterol dapat meningkatkan jumlah virus di udara jika orang tersebut menderita Covid-19. Ini berpotensi menyebarkan virus ke orang lain dengan lebih mudah, karena virus dapat bertahan di tetesan udara hingga beberapa jam. Penting bagi penderita asma untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka tentang metode apa yang terbaik untuk mereka.

Perawatan mungkin akan berbeda berdasarkan lokasi dan kebutuhan individu seseorang. Tanyakan kepada dokter anak atau penyedia layanan kesehatan Anda apa yang mereka rekomendasikan untuk anak Anda.

Bagaimana saya dapat membantu mencegah anak saya mengalami serangan asma selama pandemi?
Bantu anak Anda mengikuti rencana manajemen asma mereka dan minum obat pengontrol mereka sesuai resep. Ketahui kapan harus meningkatkan perawatan dan kapan harus menghubungi dokter anak atau penyedia layanan kesehatan Anda. Selain itu, ada langkah lain yang bisa Anda lakukan seperti menghindari asap rokok, hindari pemicu alergi, dan mengurangi stres pada anak.

Tindakan pencegahan lain apa yang dapat dilakukan keluarga yang memiliki anak dengan asma selama pandemi Covid-19?
Orang dengan asma harus lebih memperhatikan kesehatan mereka secara keseluruhan. Ini termasuk jarak fisik dari orang-orang di luar rumah mereka, mengisolasi dari orang-orang dengan gejala, dan menghindari pemicu asma. Sebaiknya penderita asma memastikan mereka memiliki obat asma di rumah dan meminta isi ulang saat inhaler hampir kosong.

Memiliki rencana dan berkomunikasi dengan layanan kesehatan Anda dapat memberi Anda lebih banyak informasi - dan lebih sedikit alasan untuk panik - selama masa-masa penuh tekanan ini. Kita semua bisa sepakat bahwa persiapan mengalahkan kepanikan setiap saat untuk menjaga orang yang dicintai tetap aman dan sehat.

Artikel Asli