Cara Mencegah dan Mengobati Masalah Kulit Saat Pakai Masker Wajah

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 13/07/2021 13:36
Cara Mencegah dan Mengobati Masalah Kulit Saat Pakai Masker Wajah

Bisnis.com, JAKARTA Semenjak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, masker menjadi benda wajib yang selalu digunakan untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. Namun, masker bisa menjadi hal yang sulit bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Masker menjebak panas dan kelembaban, serta bakteri di antara kain dan wajah Anda. Penggunaan masker dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kulit baru atau justru memperburuk masalah yang ada. Masalah kulit yang umum terjadi seperti, jerawat, komedo, kulit kering dan gatal, eksim, kulit berminyak, kulit mengelupas, ruam hingga Rosacea.

Untuk mencegah masalah kulit saat memakai masker wajah, berikut beberapa tips untuk membantu menjaga kulit Anda tetap nyaman dan sehat, melansir UPMC, Selasa (13/7/2021).

1. Gunakan pembersih yang lembut

Hindari produk berbahan keras dan pilih pembersih yang ringan dan bebas pewangi.

2. Gunakan pelembab

Pelembab yang baik yang baik menambahkan penghalang pelindung pada kulit Anda. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk menggunakan pelembab yang mengandung ceramides, hyaluronic acid, atau dimethicone. Dan pilih pelembab yang bebas pewangi dan bebas minyak.

3. Jangan lupa tabir surya

Kulit Anda bisa terbakar sinar matahari saat ditutup dengan masker. Gunakan tabir surya berbasis mineral yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida.

4. Lindungi bibir Anda

Bibir Anda bisa pecah-pecah di balik masker, jadi oleskan sedikit petroleum jelly sebelum Anda memakai masker.

5. Hindari menggunakan make up di area tertutup masker

Riasan di bawah masker menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat, jadi hindari alas bedak dan perona pipi.

6. Hindari masker yang terbuat dari bahan sintetis

Masker berbahan sintetis lebih cenderung menahan panas dan kelembaban, serta mengiritasi kulit Anda. Katun adalah pilihan yang baik, terutama jika Anda memiliki kulit berjerawat atau berminyak.

7. Cuci tangan Anda

Selalu cuci tangan minimal 20 detik dengan sabun dan air setiap kali melepas masker. Hal ini untuk mencegah bakteri yang ada pada tangan berpindah ke wajah Anda, saat Anda menyentuh wajah Anda.

8. Cuci masker kain Anda setelah setiap kali digunakan

Jika tidak, bakteri dapat menumpuk dan menyebabkan lebih banyak masalah kulit. Gunakan air panas dan sabun cuci bebas pewangi hipoalergenik.

Selain mencegah masalah kulit, Anda juga dapat mengobati masalah kulit akibat pemakaian masker dengan beberapa tips berikut.

1. Gunakan salep di malam hari

Oleskan petroleum jelly pada kulit yang pecah-pecah dan mentah sebelum Anda tidur. Ini akan melindungi kulit dan memungkinkannya untuk sembuh.

2. Cuci wajah Anda secara teratur

Untuk mengendalikan jerawat, penting untuk menjaga kulit Anda bebas dari bakteri. Gunakan pembersih yang lembut sesegera mungkin setelah melepas masker Anda. Cuci lagi sebelum tidur dan di pagi hari.

3. Istirahatkan telingamu

Jika telinga Anda sakit atau perih, cobalah mengganti gaya masker yang berbeda untuk mengurangi tekanan.

4. Temukan masker yang cocok

Masker Anda harus pas di sekitar hidung dan dagu Anda. Jika masker Anda tidak pas, kemungkinan besar Anda akan sering menyesuaikannya sehingga meningkatkan risiko perpindahan bakteri ke wajah Anda.

5. Hindari perawatan kulit

Hindari sementara peels, scrub, dan perawatan ringan di rumah untuk saat ini. Bahkan bercukur bisa menyebabkan iritasi.

6. Gunakan semprotan no-sting barrier

Produk ini tersedia di toko obat dan online. Ini membentuk lapisan bernapas pada kulit dan dapat membantu melindungi wajah Anda dari iritasi masker.

7. Buat janji dengan dokter kulit

Jika upaya di atas tidak berhasil saatnya untuk menemui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel Asli