5 Asupan Terbaik Saat Sakit, Bisa Mencegah Dehidrasi!

tabloidbintang | Gaya Hidup | Published at 13/07/2021 10:30
5 Asupan Terbaik Saat Sakit, Bisa Mencegah Dehidrasi!

Saat sakit, terutama yang disertai demam, diare, dan muntah-muntah, tubuh rentan menjadi dehidrasi. Itulah sebabnya selalu ada anjuran memperbanyak minum kepada mereka yang sedang sakit dan atau menjalani proses penyembuhan. Akan tetapi, mengonsumsi air putih saat sakit tidak semudah yang dibayangkan. Rasanya tidak nikmat karena lidah yang pahit!

Tentu saja, bersikap cuek dan tidak menuruti anjuran bukanlah pilihan yang bijak. Pemenuhan asupan cairan tetap harus dipaksakan, mengingat dehidrasi bisa memberi dampak lebih serius terhadap kesehatan. Maka mencari alternatif asupan pengganti menjadi solusi terbaik.

Seperti dilansir dari Health Line, terdapat 5 asupan yang paling pas dikonsumsi saat sakit. Selain rasanya yang nikmat, asupan ini juga mampu menggantikan air minum. Kandungan gizi lain yang terdapat di dalamnya bahkan memberi lebih banyak kebaikan untuk tubuh. Apa saja kelima asupan alternatif tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Air kelapa

Orang tua zaman dulu sering membelikan air kelapa untuk dikonsumsi anaknya yang sakit. Ini suatu tindakan yang tepat. Karena air kelapa mampu cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat sakit. Kandungan elektrolit dan mineralnya juga bisa menjaga fungsi organ tubuh agar tetap normal.

2. Kaldu atau sup

Sering melihat di drama Korea, yaitu ketika seseorang yang disayangi jatuh sakit, orang lainnya pasti membuatkan bubur yang dicampur kaldu atau sup daging. Ya, inilah salah satu asupan terbaik saat sakit. Dari segi rasa juga nikmat. Selain itu, kandungan protein dan kolagennya mampu memperbaiki kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3. Semangka

Buah semangka dan keluarganya, seperti melon dan sejenisnya, mengadung banyak air. Kelebihannya, buah semangka tidak memiliki asam yang bisa jadi tidak baik dikonsumsi saat sakit. Rasanya yang manis menyegarkan juga bisa mengalahkan lidah yang pahit.

4. Smoothies

Campuran beberapa jenis buah bergizi dan sayuran, dengan tambahan susu atau yogurt, menjadikan smoothies salah satu asupan favorit saat sakit. Namun karena mencampur susu hewani dan buah tidak disarankan, Anda bisa menggunakan susu berbahan dasar tumbuhan, seperti susu almond atau susu kedelai.

5. Susu

Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, produk susu salah satu yang diburu konsumen. Tidak salah. Karena ternyata susu memang termasuk asupan terbaik saat sakit. Kandungan elektrolit dan sodium membuat tubuh tetap terhidrasi. Dan tidak hanya kemampuan memenuhi kebutuhan cairan, kandungan lain yang terdapat di dalamnya seperti protein, karbohidrat, dan lemak, sangat bagus untuk menjaga stamina yang membantu proses penyembuhan.

Artikel Asli