10 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

katadata.co.id | Gaya Hidup | Published at 13/07/2021 10:01
10 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki beragam budaya dan hidangan. Tanahnya yang subur untuk ditanami pohon rempah-rempah membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal untuk wisata kuliner.

Beberapa makanan khas negara ini telah mendunia dan mendapat apresiasi dari warga mancanegara. Dari sekian banyak makanan khas Indonesia, berikut ini adalah 10 makanan khas Indonesia yang wajib dicoba.

1. Sate Padang

Makanan khas Indonesia yang wajib dicoba pertama adalah sate padang. Berasal dari Padang, Sumatera Barat, sate initerkenal dengan bumbunya yang menggugah selera yang berisi rempah-rempah seperti jinten, jahe, lengkuas, dan cabai.

Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan ditumis hingga aromanya harum. Kemudian sebagian bumbu akan digunakan untuk merendam daging sate dan membuat sausnya. Daging yang direndam kemudian dibakar di atas panggangan arang hingga matang dan disajikan diatas piring beserta ketupat serta saus yang lezat.

2. Rawon

Selanjutnya, dari Jawa Timur ada rawon yang kaya rasa. Warna hitam kecoklatan rawon berasal dari keluak, buah pohon kepayang. Sebelum dimasak, keluak harus direbus dan diperam dalam abu selama satu bulan. Langkah ini untuk melakukan fermentasi pada racunkeluak yang baru dipetik.

Selain keluak, bumbu lain yang digunakan adalah jahe, kemiri, kunyit, cabai merah, dan garam. Daging direbus bersama bumbu hingga matang dan sedap kemudian disajikan dengan sepiring nasi hangat. Rasa kacang dalam rawon serta perpaduan gurih bumbu dan daging membuat siapa saja jatuh cinta dengan makanan khas Indonesia yang satu ini.

3. Gudeg

Beralih ke Kota Yogyakarta, ada makanan khas Indonesia yang terkenal karena manis dan gurih rasanya. Hidangan gudeg sangat terkenal dan banyak dijualsehingga mendapat julukan Kota Gudeg.

Bahan utama gudeg adalah nangka yang direbus bersama gula aren, santan, daun salam, serai, dan lengkuas, sampai sangat empuk dan tercampur sempurna. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, potongan ayam, dan sambal goreng krecek yang berisi kulit sapi kenyal.

4. Pempek

Makanan khas yang satu ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Pempek terbuat dari adonan ikan yang digiling halus bersama dengan tepung tapioka untuk menambah kekenyalan dan tekstur. Terdapat bermacam-macam jenis pempek mulai dari pempek kapal selam, lenjer, keriting, kulit, hingga lenggang.

Macam jenis pempek memiliki bentuk berbeda serta bahan tambahan sendiri seperti pempek kapal selam yang berisi telur yang dibalut dengan adonan. Pempek digoreng dahulu hingga renyah kemudian disajikan dengan kuah cuko yang asam dan gurih.

5. Bakso

Hidangan bakso dapat ditemukan di seluruh Indonesia dengan berbagai variasi. Pada dasarnya, bakso adalah daging giling yang dicampur tepung dan bumbu kemudian dibulatkan dan direbus hingga matang. Bakso disajikan dengan kuah gurih yang terbuat dari kaldu sapi serta bumbu-bumbu lain.

Mudahnya pembuatan bakso membuat berbagai daerah di Indonesia berkreasi menghasilkan bakso unik yang menarik minat para konsumen. Ada bakso yang dibuat berbentuk kerucut, ada bakso lobster yang menggunakan lobster utuh, dan masih banyak lagi. Bakso paling lezat disajikan saat masih panas, gurihnya mampu membuat ketagihan.

6. Nasi Liwet

Makanan khas ini berasal dari Solo, Jawa Tengah. Nasi liwet banyak ditemukan di berbagai sudut Kota Solo terutama ketika masih pagi. Namun ketika malam, nasi liwet juga bisa ditemukan di pinggir jalan sembari menikmati suasana Kota Solo.

Nasi liwet berisi nasi yang dimasak dengan santan dan kaldu ayam, serta ditambahkan serai dan daun salam agar semakin harum dan sedap. Nasi liwet biasa disajikan dengan potongan ayam, telur, dan sambal goreng. Gurih santan yang meresap ke nasi dan pedasnya sambal goreng mampu menggugah selera.

7. Rendang

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang paling terkenal. Bahan utama rendang adalah daging sapi yang direbus dalam santan disertai bumbu lain seperti bawang putih, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit, bawang merah, daun jeruk dan juga rempah seperti kemiri, ketumbar, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh hingga asam kandis.

Faktor waktu merupakan salah satu faktor penting ketika memasak makanan asli Sumatera Barat ini. Setidaknya butuhwaktu sekitar empatjam untuk memasak rendang hingga meresap dan empuk. Ada juga yang memasak lebih dari ituuntuk menghasilkan rendang yang lebih kering. Rendang biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

8. Gado-Gado

Gado-gado adalah hidangan yang berisi tauge, kol, kentang, bayam, dan lain sebagainya yang direbus hingga matang kemudian disiram dengan saus kacang yang manis, pedas, dan gurih. Gado-gado biasanya disajikan dengan potongan tahu, tempe, atau telur.

Makanan inimerupakan hidangan yang sehat dan cocok untuk para vegetarian karena tidak mengandung daging tapisangat lezat untuk disantap.

9. Ketoprak

Berasal dari Jakarta, ketoprak adalah salah satu makanan yang mudah ditemukan di pinggir jalan. Bahan utama ketoprak adalah ketupat, tahu, tauge, dan bihun yang disiram dengan saus kacang. Sekilas, ketoprak memang mirip dengan gado-gado, tapibahan yang digunakan berbeda.

Ketoprak disajikan dengan kerupuk, bawang goreng, kecap, dan telur rebus. Makanan inijuga dapat dinikmati para vegetarian karena tidak mengandung daging. Murah dan lezat, ketoprak jadi salah satu makanan khas Indonesia favorit.

10. Kerak Telor

Masih seputar makanan khas Indonesia dari budaya Betawi, kali ini ada hidangan kerak telor yang mudah ditemukan di Jakarta. Kerak telor terdiri dari nasi ketan dan telur yang digoreng dalam bentuk panekuk atau telur dadar dan ditaburi kelapa parut goreng dan bawang merah goreng.

Untuk membuat kerak telor, penjual mengambil segenggam ketan yang sudah direndam dan dimasak di atas wajan yang dipanaskan dengan arang. Kemudian telur dimasukan dan ketika sudah cukup matang, penjual membalik kerak telor dan disajikan. Kerak telor merupakan makanan khas Indonesia yang murah dan enak, wajib dicoba.

Itulah 10 makanan khas Indonesia yang wajib dicoba. Makanan mana yang belum pernah Anda coba? Yang jelas, semua makanan khas Indonesia mempunyai cita rasa tersendiri yang lezat.

Artikel Asli