Stres Bisa Picu Munculnya Uban di Usia Muda?

Gaya Hidup | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:10
Stres Bisa Picu Munculnya Uban di Usia Muda?

LIMAPAGI - Munculnya uban pada rambut memang tak bisa dipungkiri. Tak sedikit yang merasa kesal dengan kehadiran uban terutama di usia produktif. Kamu salah satu yang memiliki uban di usia muda?

Faktor genetik dari orang tua disinyalir menjadi pemicu munculnya uban di usia muda. Tetapi, stres berkepanjangan juga ada kaitannya lho.

Seperti dirangkum Limapagi dari laman Healthharvard, stres dapat memicu kondisi umum yang disebut telogen effluvium.

Kondisi ini menyebabkan rambut rontok sekitar tiga kali lebih cepat dari biasanya. Nantinya, rambut tumbuh kembali sehingga tidak menyebabkan kebotakan.

Namun pada orang yang merasakan stres berkepanjangan kemungkinan besar rambut yang tumbuh akan beruban (tidak warna asli).

Berdasarkan sebuah studi pada 2020 terhadap tikus menunjukkan bagaimana stres dapat menyebabkan bulu mereka berubah menjadi abu-abu (beruban). Tetapi, belum jelas apakah studi tersebut berlaku untuk manusia dan seberapa sering berperan cepat mengubah warna rambut.

Untuk itu, dibutuhkan studi lebih lanjut apakah stres dapat menyebabkan tubuhnya uban pada manusia terutama di rentang usia muda bukan pada lansia.

Artikel Asli