Moms, Kontrol Diabetes dengan Konsumsi Makanan Ini Yuk!

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:15
Moms, Kontrol Diabetes dengan Konsumsi Makanan Ini Yuk!

Penderita diabetes tak boleh sembarangan memilih makanan untuk mereka konsumsi. Ini dikarenakan adanya kadar gula dalam darah yang harus dikontrol supaya tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah.

Memilih makanan yang baik bagi pendertia diabetes menjadi kunci utama supaya mereka memiliki kestabilan gula darah dan bisa menjalani hidup sehat.

Untuk itu, berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes untuk mengontrol kestabilan gula dara dalam tubuh, dilansir dari healthline.com, Rabu (7/7/2021).

1. Lemak Ikan

Salmon, sardem herring, anchovies, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omgea-3 DHA dan EPA yang bagus serta memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Mengonsumsi cukup lemak dari ikan secara teratur sangat penting bagi penderita diabetes yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

DHA dan EPA bisa melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah sehingga dapat mengurasi gejala peradangan dan dapat membantu memperbaiki fungsi arteri.

2. Sayur Hijau

Sayuran hijau memiliki kalo rendah dan juga bergisi. Tak hanya itu, sayuran hijau juga sangat rencah karbohidrat sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh.

Bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C.

Vitamin C bertindah sebagai antioksidan kuat dan juga memiliki kualitas anti-inflamasi. Dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C dapat membantu penderita diabetes.

3. Alpukat

Buah alpukat memiliki urang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, kandungan serta tinggi, dan lemak sehat. Alpukat bisa menjadi camilan yang ideal untuk penderita diabetes, terutama untuk mereka yang mengalami obesitas.

4. Telur

Mengonsumsi telur secara teratur bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Telur juga bisa mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan mengubah bentuk kolesterol LDL (jahat).

Sarapan dengan telur yang tinggi lemakn dan rendah karbohidrat dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah sepanjang hari.

5. Biji Chia

Biji chia merupakan makanan tinggi serta namun rendah karbohidrat yang dapat mudah dicerna.

Serat dalam biji chia dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat laju makanan yang melalui usus.

6. Kacang-kacangan

Kacang kaya akan vitamin B, mineral bermanfaat, seperti kalsium, kalium, magnesium dan juga serta.

Kacang dapat membantu mencegah diabetes. Melalui penelitian yang melibatkan lebihd ari 3.000 peserta yang berisiko tinggi terkenapenyakit kardiovaskular, mereka yang mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan memiliki 35 persen penuruan kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

7. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin c dan rendah karbohidrat. Penelitian pada penderita diabetes telah menemukan bahwa brokolo dapat membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi dari kerusakan sel.

Brokoli dapat membantu mengatur kadar gula darah. Pada sebuah studi ditemukan bahwa mengonsumsi brokoli menyebab penurunan sekitar 10 persen glukosa darah pada penderita diabetes.

Itulah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi penderita diabetes untuk dapat mengontrol gula darah yang ada pada tubuh. Tetap konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan di atas, ya, Moms!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli