Nilai CT Bisa Jadi Acuan Pasien Covid-19 Sembuh?

Gaya Hidup | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:24
Nilai CT Bisa Jadi Acuan Pasien Covid-19 Sembuh?

TES PCR (Polymerase Chain Reaction) menjadi sangat sering dilakukan selama masa ledakan kasus Covid-19. Banyak masyarakat yang percaya bahwa nilai cycle threshold (CT) dalam PCR dinilai sebagai penentu sembuh-tidaknya seseorang dari Covid-19.

Bahkan belum lama ini beredar pesan yang menunjukkan bagaimana cara dalam membaca nilai CT lengkap dengan kesimpulannya, seperti:

CT 0 - 11 hasil lab invalid

CT 12 - 20 banyak virus

CT 21 - 30 fase penyembuhan

CT 31 - 40 sembuh

Nilai CT

Merangkum dari laman Instagram @dr.fajriaddai, Rabu (7/7/2021), Influencer sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

Dokter Fajri mengatakan bahwa nilai CT pada PCR tidak dapat serta merta menjadi patokan kesembuhan dari Covid-19. Sebab gejala dan faktor klinis yang dialami pasien juga perlu dipertimbangkan.

"Faktanya semakin kecil nilai CT, maka akan semakin banyak jumlah materi genetik virus pada pasien. Semakin besar nilai CT, maka akan semakin sedikit materi genetiknya," terang dr. Fajri dalam unggahannya.

Meski demikian, ia pun tak memungkiri bahwa nilai CT yang terlalu kecil dapat berarti tes invalid dan harus diulang. Namun, nilai batas bawah tes PCR berbeda pada setiap alat dan reagen yang digunakan, sehingga tidak bisa dibandingkan.

"Alhasil nilai CT <12 tidak selalu berarti tes invalid," tambahnya.

Artikel Asli