7 Games Google Doodle Populer untuk Mengatasi Bosan

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:17
7 Games Google Doodle Populer untuk Mengatasi Bosan

Dalam perayaan hari tertentu, Googlemengubah tampilan logonya menjadi giminteraktif yang dapat dimainkan pengguna. Mesin pencari terpopuler dunia itu menyebutnya Google Doodle.

Hingga kini, Google telah menciptakan 4 ribu desain gim. Variasinya yang beragam membuat game online Google Doodle dapatdimainkan untuk mengatasi bosan, terutama saat pandemi corona.

Untuk mencari gim-gim lawasnya, pengguna dapat mengaksesnya melalui arsip atau archive . Dengan begitu, permainan interaktif inidapat diakses kapan dan di mana saja.

Sejarah Google Doodle

Ide Google Doodle tercetussejak 1998 oleh pendiri perusahaan, Larry Page dan Sergey Brin. Inspirasinya datang ketikamengunjungi Burning Man Festival di Gurun Nevada, Amerika Serikat.

Awalnya, mereka hanya menambahkan gambar figur orang menggunakan garis sederhana pada bagian huruf o pada logo Google.Kemudian, pada 2000Page dan Brinmemutuskan untuk mengembangkan idenya untuk diimplementasikan secara resmi pada logo Google.

Menggunakan bantuan dari webmaster Dennis Hwang, bekas karyawan magang Google, terciptalah Google Doodle resmi pertama. Pada saat itu bertepatan dengan perayaanBastille Day 2000.

Lalu, Google terus menciptakan kreasi Google Doodle. Awalnya, penggantian desain logo hanya dilakukan saat perayaan hari-hari besar, seperti hari kemerdekaan negara AS. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya peminat, kini desain Google Doodle semakin bervariasi dan menyesuaikan berbagai macammomen.

Begitu banyak pilihan games Google Doodle yang dapat dimainkan dan jadi alternatif hiburan saat bosan dan suntuk. Berikut tujuh gimGoogle Doodle populer saat ini.

1. Pac-Man

Pac-Man merupakan gimklasik rilisan perusahaan Jepang, Bandai Namco. Rilis pertama kali pada 1980, kepopuleran Pac-Man terus meningkat. Kini, gim tersebutdapat diakses secara digital melalui Google Doodle. Untuk bermain, cukup cari kata kunci Google Doodle Pac-Man pada kolom mesin pencari Google.

2. Baseball

Untuk memperingati perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, Google menyajikan gim baseball interaktif sebagai Google Doodle pada4 Juli 2019. gimtersebut memilliki desain lucu. Pemain berperan sebagai catcher atau pemukul bola yang dilempar oleh pitcher . Ketika bola terpukul, karakter catcher akan terus berubah seiring skor bertambah. Konsep gimnyasederhana tapimenyenangkan.

3. Cricket

Google turut berpartisipasi dalam perayaan International Cricket Council Champion (ICC Champions) pada 2017 dengan merilis gimCricket. Tidak jauh berbeda dengan Google Doodle Baseball, dalam game ini pemain berperan sebagai catcher dengan karakter belalang. Cara mainnya cukup mudah, pemain hanya perlu memencet tombol untuk memukul bola yang datang dan mencetak skor sebanyak mungkin.

4. Basketball

Basketball merupakan hasil kolaborasi Google dengan Marcin Wichary, seorang manager desaindi perusahaan Figma. gimini sangat mudah dimainkan, menggunakan spacebar di keyboard , pemain dapat membidik dan melempar bola basket di ring basket yang tersedia. PenggunaGoogle Doodle Basketball sangat besar. Sebanyak satumiliar orang turut berpartisipasi memainkan gimyang dirilis selama 4 hari tersebut.

5. Soccer

Bagi pecinta sepak bola, jangan lewatkan game yang satu ini. Google Doodle Soccer merupakan bentuk apresiasi dan perayaan fans sepak bola di seluruh dunia. Pemain berperan sebagai kiper yang harus menghalangi bola yang ditendang agar tidak masuk gawang. Gim ini dapatdigunakan sebagai kompetisi bersama saudara atau teman untuk menentukan siapa yang mencetak skor terbanyak.

6. The Scoville Game

Gimini tercipta untuk merayakanulang tahun sang penemu skala tingkat kepedasancabaiatau Scoville, yaitu Wilbur Scoville. Peringatan ulang tahun Scoville yang ke-151 tersebut memberi ide bagi Google untuk mengubah tampilan logo menjadi gimunik bernama The Scoville Game. Karakter utama dalam game ini adalahScoville yang sedang mencoba berbagai macam cabai untuk mengukur tingkat kepedasannya. Setiap pemain yang mencetak skor, akan muncul fakta-fakta menarik mengenai cabai di seluruh dunia. Gimini tidak hanya seru tapi juga edukatif.

7. Halloween 2016

Halloween merupakan perayaan di AS yang digelar pada 31 Oktober setiap tahun. Perayaan ini identik dengan tradisi orang memakai kostum,lalumengetuk pintu rumah tetangga, dan berteriak t rick or treat ! untuk mendapatkan permen. Tema Halloween tidak jauh dari hantu, penyihir, monster, dan dekorasi menyeramkan seperti sarang laba-laba atau kelelawar.

Mengambil inspirasi dari perayaan Halloween, Google merilis game Google Doodle Halloween 2016. Pemain dapat melihat animasi singkat sebelum memulai permainan. Karakter dalam gimini adalah kucing yang menggunakan kostum penyihir dan melawan hantu di sekitarnya.

Itulah tujuh gimGoogle Doodle popular yang dapat dimainkan saat merasa bosan atau lelah. Gimnyacukup sederhana dan dapat dimainkan secara online sehingga tidak memakan banyak memori pada ponsel.

Artikel Asli