Cek Ketersediaan Oksigen, Menko PMK Kunjungi Produsen di Cibitung dan Cikarang

Gaya Hidup | tabloidbintang | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 01:00
Cek Ketersediaan Oksigen, Menko PMK Kunjungi Produsen di Cibitung dan Cikarang

Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau lokasi produksi oksigen, PT Aneka Gas Industri di Cibitung dan PT Air Products Indonesia di Cikarang."Saya hari ini turun langsung ke lapangan menindaklanjuti kelangkaan kebutuhan oksigen di RS, memastikan bahwa di sektor hulu, tempat produksi aman," ujarnya usai meninjau pabrik PT Aneka Gas Industri di Cibitung.

PT Aneka Gas Industri merupakan anak perusahaan Samator Group yang memproduksi oksigen hingga 977,4 ton perhari di masa darurat Covid-19. Berdasarkan laporan, 95% alokasi produksi didistribusikan untuk RS khususnya yang menangani pasien Covid-19.

Sedang PT Air Products Indonesia yang juga perusahaan multinasional asal Amerika Serikat itu memproduksi 85 ton oksigen perhari untuk pabrik yang beroperasi di Cikarang dan 225 ton perhari untuk pabrik di Gresik.

Menko PMK berharap berbagai upaya maksimal dari semua pihak dapat mempercepat penanganan pandemi Covid-19. Terlebih, kebutuhan oksigen untuk pasien di RS dapat terpenuhi dan tepat waktu.

Menko PMK juga mengunjungi RSUD Kabupaten Bekasi. Direktur RSUD Kabupaten Bekasi Sunarti mengatakan, setiap hari pasien Covid-19 yang masuk ke IGD dan tenda darurat penangan Covid-19 berkisar 60-80 pasien atau melebihi kapasitas normal sebanyak 40 pasien.

Untuk kebutuhan oksigen di RSUD Kabupaten Bekasi, Sunarti menegaskan pihaknya akan berusaha memastikan dapat terpenuhi. RSUD Kabupaten Bekasi memiliki 10 ribu liter untuk memenuhi kebutuhan dua hari dengan kapasitas sekitar 200 pasien.

Sumber: kemenkopmk.go.id

Artikel Asli