Suka Masak? Ini 12 Jenis Kecap yang Wajib Ada di Dapur

Gaya Hidup | limone.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 03:40
Suka Masak? Ini 12 Jenis Kecap yang Wajib Ada di Dapur

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kecap manis yang sering kali ditemukan pada hidangan. Mulai dari nasi goreng, satai, semur, dan makanan lainnya, rendaman kedelai manis ini memang menjadi salah satu bahan yang mudah ditemukan, apalagi di Indonesia.

Selain kecap manis, terdapat berbagai jenis kecap yang bisa kamu temukan di pasaran mulai dari kecap asin, kecap ikan, hingga kecap Inggris. Karena bermacam-macam jenisnya, mungkin kamu akan kesulitan untuk mengetahui perbedaannya.

Namun untuk yang masak dan bereksperimen menu dari berbagai belahan dunia, tidak hanya kecap manis yang wajib kamu miliki. Berikut 12 jenis kecap yang perlu ada di dapur rumah.

Apa Itu Kecap Manis?

kecap manis
Foto: www.unsplash.com

Terdapat empat tipe kecap yang biasa dikonsumsi, yakni kecap manis, asin, light , dan dark soy sauce . Produk kecap manis bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia dan rendaman kedelai manis ini akan sedikit sulit untuk ditemukan di luar Asia.

Dalam satu kemasan kecap manis atau setara dengan 22 gram, mengandung kalori sebanyak 45 kkal, lemak total 0,10 gram, dan gula sebanyak 10 gram. Selain itu, terdapat karbohidrat total sebanyak 11 gram dan protein sebesar 1 gram.

Kecap yang kental dan memiliki rasa manis ini dibuat dari kedelai yang difermentasikan dengan tambahan gula dan rempah-rempah lain, seperti gula aren, garam, dan air. Gula aren atau gula kelapa yang terkandung di dalamnya membuat jenis kecap yang satu ini terasa berbeda dengan produk lainnya karena memiliki rasa yang manis.

Biasanya kecap manis sering digunakan sebagai penambah rasa dan warna dalam masakan, seperti ditambahkan pada nasi goreng, semur, dan satai.

Jenis-jenis Kecap

Foto: www.freepik.com

Pasalnya, fermentasi kacang kedelai ini dibuat dari berbagai negara di Asia, dan setiap negara tentu memiliki produk andalannya masing-masing, termasuk Indonesia yang memproduksi kecap manis. Berikut beberapa jenis kecap yang ada di pasaran:

Light soy sauce

Light soy sauce atau yang biasa disebut dengan usukuchi terbuat dari lebih banyak kedelai dan sedikit gandum. Sehingga memiliki tekstur yang lebih encer dan warna yang lebih terang, namun rasanya lebih asin. Biasanya jenis kecap ini digunakan untuk menambahkan rasa asin pada masakan, seperti pada dalam sup atau bubur.

Dark soy sauce

Jenis kecap selanjutnya adalah dark soy sauce atau yang dikenal dengan koikuchi shoyu yang warnanya lebih gelap, teksturnya lebih pekat, dan rasanya tidak terlalu asin. Kecap yang satu ini merupakan jenis yang paling umum dijual di Jepang dan luar negeri.

Biasanya kecap ini akan digunakan untuk menambahkan rasa dan warna ke dalam masakan, seperti dalam semur.

Tamari

Tamari merupakan kecap kental yang yang diproses secara berbeda dari kecap lainnya. Di dalamnya terdapat air, garam, dan pasta miso yang mengandung kedelai. Kecap ini juga mengandung sedikit atau bahkan tanpa gandum. Sehingga sangat cocok untukmu yang sedang menghindari asupan gluten.

Jenis kecap yang satu ini memiliki rasa umami yang lebih kaya, kuat, dan tidak terlalu asin.

Shiro

Kecap shiro dibuat dengan gandum ekstra dan sedikit kedelai. Jenis kecap yang satu ini difermentasi hanya selama tiga bulan, sehingga warnanya menjadi lebih terang. Rasanya pun lebih lembut, halus, dan sedikit lebih manis.

Ketika ditambahkan ke dalam makanan, shiro dapat menambah rasa pada masakan namun tidak dapat memengaruhi warnanya.

Saishikomi

Saishikomi dibuat dengan memecah kedelai dan gandum dalam larutan kecap tanpa garam yang tidak dipanaskan. Memiliki rasa yang lebih kental, biasanya jenis kecap ini banyak dinikmati sebagai saus celup untuk sashimi .

Kecap Inggris

Kecap Inggris atau yang dikenal dengan saus Worcestershire ini terbuat dari ikan teri, molase, asam, cuka, cengkeh, bawang, dan bumbu lainnya. Jenis kecap ini memiliki rasa yang gurih serta aroma yang kuat, karena berasal dari ikan teri yang difermentasikan selama 18 bulan. Biasanya kecap ini digunakan untuk marinasi daging dan campuran dalam salad.

Kecap ikan

Kecap ikan atau yang dikenal dengan saus nam pla merupakan salah satu bahan populer yang terbuat dari ikan teri asin yang telah difermentasikan hingga dua tahun. Jenis kecap ini memiliki rasa umami yang gurih dan enak pada hidangan. Karena diproduksi oleh banyak negara, kecap ini juga memiliki banyak sebutan nama, seperti nam pla yang berasal dari Thailand dan nouc mam dari Vietnam.

Kecap saus tiram

Jenis kecap yang satu ini terbuat dari tiram yang dimasak hingga mengental dan diberi campuran bahan lain seperti gula. Memiliki tekstur yang kental dengan campuran rasa asin dan manis, biasanya kecap saus tiram digunakan untuk menumis sayuran atau tambahan bumbu pada masakan.

Kecap jamur

Kecap jamur atau yang dikenal dengan mushroom-flavored soy sauce merupakan kecap hitam yang dicampur dengan jamur kering. Biasanya jenis kecap ini digunakan sebagai pengganti dark soy sauce untuk memberikan warna dan rasa yang lebih tajam pada hidangan.

Thick soy sauce

Thick soy sauce merupakan kecap dengan tekstur yang leih kental dan lebih manis dibanding kecap hitam. Ini berkat penambahan gula dan lebih banyaknya gandum ketika memasuki proses fermentasi. Kebanyakan kecap ini digunakan untuk memberikan warna dan rasa yang lebih tajam dalam masakan.

Kecap manis

Kecap khas Indonesia ini dibuat dengan kedelai yang difermentasikan dengan tambahan gula aren sehingga rasanya lebih manis dan kental. Sweet soy sauce ini biasanya digunakan untuk menambahkan rasa dan warna pada masakan, seperti nasi goreng dan semur.

Shrimp-flavored soy sauce

Populer di Cina Timur, kecap ini direndam dengan air garam dan udang kering. Meski jarang ditemukan dalam berbagai masakan, shrimp-flavored soy sauce bisa digunakan untuk menumis seafood , serta sebagai pengganti kecap asin.

Bahaya Mengonsumsi Kecap Manis

kecap manis
Foto: www.unsplash.com

Meski dapat menambah rasa dan warna pada masakan, namun mengonsumsi kecap manis secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Karena mengandung gandum dan gluten, hal ini akan menimbulkan risiko pada seseorang yang memiliki alergi.

Namun sebuah studi menemukan bahwa kedelai dan gandum yang dibuat dalam kecap telah terdegradasi menjadi peptida dan asam amino, sehingga tidak ada alergen dari bahan baku yang ada dalam kecap.

Selain itu, sekelompok zat beracun yang disebut dengan chloropropanols dapat diproduksi selama pengolahan makanan, termasuk ketika memproduksi kecap. Salah satu jenis yang dikenal sebagai 3-MCPD ditemukan dalam protein nabati terhidrolisis asam, merupakan jenis protein pada kecap yang diproduksi secara kimia. Zat tersebut dinilai dapat menjadi penyebab kanker.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Kecap merupakan salah satu bumbu yang digunakan dalam berbagai macam hidangan dan masakan. Terdapat beragam jenis kecap yang ada di pasaran, termasuk kecap manis yang berasal dari Indonesia. Karena terbuat dari fermentasi kacang kedelai dan gula aren, tentunya sweet soy sauce memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dibanding dengan jenis kecap lainnya.

Meski dapat menambah nafsu makan, namun mengonsumsi kecap manis secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan, mulai dari reaksi alergi hingga menyebabkan kanker. Untuk itu, kamu perlu menikmati kecap dalam jumlah yang sedang agar tetap aman selama dikonsumsi. Dan saat menambahkannya ke dalam masakan, perhatikan porsi dan kuantitasnya.

Artikel Asli