Ini 5 Minuman Sehat yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Bikinnya Gampang Banget!

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:15
Ini 5 Minuman Sehat yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Bikinnya Gampang Banget!

Ketika tekanan darah tak terkendali, itu bisa membuat kamu menjadi penderita hipertensi atau darah tinggi. Dengan memiliki tekanan darah yang tinggi, itu dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke lho .

Darah tinggi atau hipertensi jadi salah satu penyakit yang jarang disadari. Namun, jika tak diatasi dengan serius, ini bisa mematikan hingga disebut sebagai Silent Killer .

Nah, rupanya salah satu cara untuk melawan tekanan darah tinggi ialah dengan gaya hidup yang sehat. Dengan mengatur pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang tak memicu naiknya tekanan darah, itu bisa membantu menjaga tekanan darah dalam keadaan stabil tanpa efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan.

Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, ternyata ada juga lho beberapa jenis minuman yang dapat bermanfaat. Apa saja ya?

1. Jus Tomat

Minuman pertama yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi ialah jus tomat. Sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Studi pada tahun 2019 yang dilakukan oleh peneliti Jepang mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari di antara peserta dengan faktor risiko penyakit jantung. Para peneliti menyimpulkan bahwa jus tomat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL.

Studi terbaru lainnya telah melaporkan hasil yang sama di antara orang-orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil. Untuk menghindari natrium yang kurang diperlukan pada tubuh, pastikan untuk mengonsumsi jus tomat tawar tanpa tambahan apapun.

2. Jus Bit

Buah bit enggak hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi buah bit juga dapat membantu menurunkan tekanan darah lho .

Sebuah studi percontohan acak pada tahun 2016 menemukan bahwa jus bit mentah memiliki dampak pada tekanan darah. Hal tersebut dikarenakan buah bit kaya akan nitrat diet, senyawa yang diketahui memiliki efek menurunkan tekanan darah.

3. Jus Delima

Tak hanya yang kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, buah delima juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Maka enggak mengherankan jika jus delima dapat berkontribusi pada diet jantung sehat.

Sebuah tinjauan literatur 2016 dari delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Para peneliti merekomendasikan dosis minimal 240 mililiter untuk mengurangi tekanan darah diastolik. Jika kamu ingin mengonsumsi jus delima, pastikan jusnya 100 persen tanpa tambahan gula.

4. Jus berry

Seperti buah delima, buah beri terutama blueberry dikenal karena sifat antioksidannya. Ulasan yang diterbitkan di Nature pada tahun 2016 menemukan bahwa mengonsumsi buah beri menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL.

5. Teh

Ketika berbicara tentang tekanan darah, enggak semua teh baik dikonsumsi penderita hipertensi. Sebuah tinjauan literatur tahun 2014 dari uji coba terkontrol secara acak membandingkan efek konsumsi teh hitam dan hijau pada tekanan darah.

Para peneliti melaporkan bahwa asupan jangka panjang dari kedua jenis teh ini bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, penurunan tekanan darah lebih signifikan untuk teh hijau dibandingkan teh hitam.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli