Sarapan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan, Ada Nasi?

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:36
Sarapan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan, Ada Nasi?

Sarapan merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja, apalagi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Dengan sarapan, asupan kalori yang cukup akan terbakar dengan aktivitas selama seharian sehingga kamu tidak akan meluangkan waktu untuk mengemil.

Anggota dewan Kesehatan Wanita Amanda Baker Lemein mengatakan, sarapan yang baik yakni dengan mengimbanginya bersama protein, serat dan lemak.

Sebaiknya hindari sarapan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat karena ia hanya memberikan kenyang pada jangka pendek. Serta jika ingin memulai program menurunkan berat badan alangkah baik melakukan konsultasi terlebih dulu dengan ahli gizi. Mengingat tidak semua orang memiliki kebutuhan kalori yang sama.

Tetapi rekomendasi umum untuk jumlah kalori yang diperlukan pada waktu sarapan sekitar 400-500 kalori. Ini memungkinkan Beauty tidak mengemil sepanjang hari.

Berikut ini beberapa tips makanan sehat yang baik untuk memulai sarapan yang sehat dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Protein Baik untuk Sarapan

Telur

Selain karena murah dan mudah untuk diolah, telur juga bisa dijadikan sebagai sarapan cepat saji yang tinggi protein dan zat besi.

Plan Yogurt

Sebaiknya menggunakan yogurt tawar yang berbahan dasar dari nabati yang lebih tinggi protein dibandingkan berbasis susu. Beauty bisa menambahkan plan yogurt ini pada smoothie atau dengan granola.

Sosis Ayam

Kalau Beauty tipikal yang belum bisa lepas dari daging-dagingan, sosis ayam bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan protein terbaik terlebih sosis ayam diyakini lebih rendah lemak dan rendah sodium

Sarapan dengan Buah Rendah Gula

Melon

Buah melon dapat dikonsumsi dengan porsi banyak tanpa perlu khawatir dengan kandungan gulanya yang rendah. Melon bisa menjadi teman baikmu untuk sarapan apalagi kalau dikombinasikan dengan smoothie .

Berry

Keluarga berry seperti strawberry, blueberry, dan ceri bisa menjadi alternatif Beauty untuk mendapatkan rasa manis alami untuk semangkuk smoothie atau bahkan makanan pendamping bersama telur dadar yang tinggi protein.

Kiwi

Kerap kali diremehkan karena rasanya yang asam, Kiwi ternyata memiliki kandunan vitamin C yang baik bagi tubuh lho !

Pisang

Pisan bisa menjadi alternatif sarapan cepat saji yang sempurna bila dimakan bersama dengan telur rebus.

Pepaya

Rasa manis pada pepaya ternyata mengandung enzim yang baik untuk membantu proses pencernaan lho .

Biji-bijian Baik untuk Sarapan

Oat

Oat adalah biji yang baik dikonsumsi sebagai menu sarapan karena mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi. Oat dapat disajikan hangat atau pun secara dingin.

Biji Gandum

Beauty yang pernah menjalani program diet pasti sudah tahu peran biji gandum sebagai makanan yang sehat. Lantaran biji gandum kaya akan nutrisi khususnya bagi pencernaan.

Nasi

Meskipun diklaim sebagai sumber karbohidrat yang tinggi, nasi bisa dijadikan sebagai ide sarapan sehat dengan cara disajikan sebagai puding nasi.

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli