Moms Harus Tahu! Ini Lho Bahaya Konsumsi Madu untuk Bayi...

Gaya Hidup | herstory | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:45
Moms Harus Tahu! Ini Lho Bahaya Konsumsi Madu untuk Bayi...

Madu memang mengandung banyak manfaat di dalamnya. Rasanya yang manis membuat madu banyak digemari oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Sebagi orangtua, mungkin kamu ingin memberikan madu pada bayi untuk pengganti pemanis alami. Akan tetapi, apakah madu aman dikonsumsi untuk bayi?

Melansir dari berbagai sumber (7/7/2021), sebenarnya madu aman dikonsumsi untuk anak usia satu tahun ke atas. Meski boleh dikonsumsi anak-anak, tapi madu enggak boleh diberikan sebagai MPASI bayi sampai mereka berusia satu tahun.

Mengapa begitu?

Madu memiliki kandungan spora bakteri yang dapat berkembang pada sistem pencernaan bayi yang belum matang. Saat spora berubah menjadi bakteri di dalam usus, maka akan menghasilkan neurotoksin yang berbahaya untuk tubuh. Itu juga akan mengakibatkan penyakit botulisme pada bayi.

Meski jarang terjadi, penyakit botulisme pada bayi bisa berakibat fatal. Anak bayi berusia enam bulan memiliki risiko tinggi terkena penyakit botulisme.

Kamu harus mengetahui berbagai gejala yang akan muncul pada bayi kalau dia memiliki penyakit botulisme. Apa saja?

  1. Susah BAB
  2. Otot lemah
  3. Sulit menyusu
  4. Rahang kendur
  5. Menangis lemah
  6. Gak nafsu makan
  7. Rewel
  8. Susah napas
  9. Kejang

Itulah beberapa gejala yang akan muncul pada bayi kalau dia mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi dengan spora bakteri, salah satunya madu.

Kalau si kecil menunjukkan gejala seperti di atas, segera periksakan ke dokter, ya, Moms!

Beauty, suka topik artikel dari HerStory? Baca informasi menarik seputar wanita dan juga working moms lainnya di herstory.co.id segera, ya!

Artikel Asli