Susu Beruang Bukan Tameng Penangkal Covid, Paling Penting itu 3 M

Gaya Hidup | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 08:15
Susu Beruang Bukan Tameng Penangkal Covid, Paling Penting itu 3 M

LIMAPAGI - Panic Buying dialami banyak masyarakat di tengah lonjakan Covid-19. Seperti yang sedang viral yaitu diserbunya pusat perbelanjaan untuk mendapatkan salah satu susu steril.

Menanggapi peristiwa tersebut dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, terjadi ketakutan terhadap Covid-19 sampai ingin memanfaatkan susu sebagai tameng terhadap virus.

"Saya menekankan bahwa yang kemarin membeli itu sudah melanggar protokol kesehatan. Padahal, tameng utama agar terhindar dari virus yaitu 3 M, Masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan," tegasnya dalam acara live Instagram di laman @radiokeshatan.

Menurut dokter Reisa, terlihat kerumunan masyarakat saat mencoba memborong susu, dan tidak ada jarak aman, serta penggunaan masker yang tidak dianjurkan untuk mengandalkan susu sebagai tameng.

Lebih lanjut, ia menyatakan bawah agar tubuh tetap sehat dan berjalan dengan optimal diperlukan gizi seimbang bukan hanya dari susu saja.

"Tubuh itu membutuhkan karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral mencakup gizi seimbang itu sudah cukup. Jadi, tidak terlalu ketakutan berlebihan dan hanya mengandalkan susu," tambahnya.

Tak hanya itu, dokter Reisa juga mengatakan susu yang sehat tidak harus susu yang steril. Sebab, banyak ditemukan susu lain yang bermanfaat.

"Tapi, dikatakan susu jenis tersebut bisa sebagai anti penyakit paru akhirnya dikaitkan dengan Covid-19. Ini termasuk hoax jadi jangan mudah termakan isu dan mengakibatkan panic buying dan melanggar prokes," tungkasnya.

Artikel Asli