Pramugari Diduga Menularkan COVID-19 Varian Delta ke Sejumlah Penumpang Pesawat

Gaya Hidup | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 06:00
Pramugari Diduga Menularkan COVID-19 Varian Delta ke Sejumlah Penumpang Pesawat

PRAMUGARI maskapai Virgin Australia diduga telah menginfeksi banyak penumpang dengan varian Delta yang sangat menular selama penerbangan singkat pada Sabtu lalu dari Gold Coast ke Sydney.

Pejabat kesehatan New South Wales (NSW), Australia langsung mengeluarkan peringatan mendesak akhir pekan ini.

Pramugari dinyatakan positif COVID-19 pada 26 Juni 2021, tetapi tes hanya dilakukan setelah mereka menjalankan lima penerbangan secara berurutan.

Meski tidak menunjukkan gejala, pramugari tersebut menjalani tes cepat rutin dan diisolasi segera setelah mendapat hasil positif COVID-19.

Namun, baru kemudian diketahui bahwa pramugari telah diidentifikasi sebagai kontak dekat dari kasus yang ada, tetapi pelacak kontak belum sempat menghubungi mereka.

"NSW Health ingin memperingatkan penumpang yang terbang dari Gold Coast ke Sydney dengan penerbangan bersama maskapai Virgin yang diumumkan sebelumnya, karena beberapa transmisi COVID-19 sekarang telah terjadi pada penerbangan ini," kata badan tersebut seperti dilansir dari Paddle Your Own Kanoo , Selasa (6/7/2021).

"Semua penumpang dianggap kontak dekat dan harus waspada dalam memantau gejala dan tetap diisolasi selama 14 hari penuh, terlepas dari hasilnya," lanjut peringatan kesehatan masyarakat itu.

Para peneliti sebelumnya telah mempertimbangkan bahwa risiko terinfeksi COVID-19 dalam penerbangan oleh penumpang atau anggota awak lain jauh lebih besar pada penerbangan jarak jauh.

Waktu penerbangan antara Gold Coast dan Sydney hanya 1,5 jam.

Artikel Asli