Cara Mengatasi Stres Akibat Kerja Selama Pandemi Covid-19

bisnis.com | Gaya Hidup | Published at 28/06/2021 13:56
Cara Mengatasi Stres Akibat Kerja Selama Pandemi Covid-19

Bisnis.com, JAKARTA - Adanya virus Covid-19 pada awal bulan Maret 2020 di Indonesia menyebabkan seluruh aktivitas masyarakat menjadi dibatasi sementara atau dialihkan menjadi di rumah saja.

Hingga kini, sudah banyak kebijakan yang dilakukan pemerintah demi menjaga kondisi kesehatan masyarakat agar tetap selalu sehat. Namun gangguan dan ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 selama 15 bulan terakhir membuat para pekerja di banyak perusahaan merasa stres dan kelelahan.

Dengan diterapkannya work from home (WFH), kehidupan sehari-hari menjadi tidak sesuai dengan seharusnya dan garis antara pekerjaan dan waktu luang menjadi kabur.

Banyak para pekerja merasakan kelelahan hingga stress saat melakukan pekerjaan di rumah. Saat melakukan pekerjaan penuh waktu, tubuh harus beradaptasi kembali dan menyebabkan lebih cepat lelah dibandingkan sebelum adanya pandemi ini.

Melansir dari bbc.com , berikut rangkuman cara menghadapi stress akibat kerja selama pandemi:

1. Pisahkan Antara Pekerjaan dan Waktu Istirahat

Kelelahan lebih cepat datang dikarenakan jam istirahat seringkali terpakai untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Cobalah untuk memisahkan pekerjaan dan waktu istirahat. Matikan telepon selular Anda setelah bekerja dan fokus mengisi tenaga dengan beristirahat.

2. Mencari Udara Segar Disela Waktu Kerja

Sejak pandemi dimulai, banyak orang yang tidak bisa berlibur dikarenakan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah. Ditambah pula adanya pekerjaan yang memberikan banyak tekanan di dalamnya. Karena hal tersebut, banyak orang yang merasa stress dikarenakan merasa tidak ada waktu untuk mendapatkan udara segar.

Cobalah bagi yang bekerja di kantor untuk sesekali keluar ruangan dan melakukan jalan-jalan kecil untuk mendapatkan suasana baru. Bagi yang sedang bekerja di rumah, sebelum memulai pekerjaannya bisa melakukan peregangan kecil atau berjemur di pagi hari agar mendapatkan semangat baru sebelum bekerja.

3. Tidak Bekerja Secara Konsisten Berjam-jam

Menjadi fokus sangat diperlukan dalam bekerja, namun jangan sampai terlalu fokus yang dapat mengakibatkan lupa akan kebutuhan pribadi seperti istirahat dan makan. Pasang pengingat atau alarm pada jam atau telepon selular Anda agar jam istirahat anda tidak terlewat.

4. Lakukan Aktivitas yang Tidak Berhubungan dengan Pekerjaan

Saat memiliki waktu luang, jangan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Hal itu dapat menyebabkan Anda akan kembali mengerjakan pekerjaan yang harusnya disudahi sesuai waktunya. Lakukan aktivitas seperti memasak atau membaca buku ataupun kegiatan yang dapat mengisi waktu luang Anda.

5. Terus Terhubung Secara Sosial dengan Orang Lain

Seringkali terlalu larut dalam pekerjaan menyebabkan Anda menjadi lelah dan merasa stress. Cobalah untuk meluangkan waktu sebentar untuk menghubungi orang lain, seperti teman atau keluarga. Dengan terus terhubung secara sosial selama pandemi, membuat Anda menjadi terbuka dan dapat mengurangi rasa stress karena pekerjaan.

6. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Wajib hukumnya bagi para pekerja untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri atau Me Time. Dengan meluangkan waktu untuk fokus dengan diri sendiri agar Anda dapat mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi dan dibutuhkan oleh diri Anda.

7. Menghindari Perilaku tidak Sehat dan Negatif

Kesehatan mental adalah penyebab paling umum dari gangguan kesehatan terkait pekerjaan. Maka dari itu, penting untuk para pekerja menghindari perilaku tidak sehat dan negatif yang dapat mempengaruhi diri Anda, terutama secara mental. Menjaga pola makan sehat, berolahraga dan melakukan hal positif lainnya sangat baik untuk diri Anda.

Artikel Asli