Moeldoko Buktikan Fakta Lapangan Efektivitas Ivermectin di Jadetabek, Kemanjuran Nyaris 100%!

okezone | Gaya Hidup | Published at 28/06/2021 13:00
Moeldoko Buktikan Fakta Lapangan Efektivitas Ivermectin di Jadetabek, Kemanjuran Nyaris 100%!

EFEKTIVITAS ivermectin dalam mengobati pasien Covid-19 tengah menjadi pembicaraan hangat sejak beberapa waktu lalu. Obat antiparasit yang dikhususkan untuk mengobati cacingan ini dinilai ampuh untuk mengobati pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Meski demikian, khasiat dan keamanan ivermectin ini masih dalam penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya dalam melawan virus SARS-CoV-2.

Menjawab rasa penasaran masyarakat, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Mantan Jendral TNI, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, mengatakan saat ini sudah ada laporan sementara di lapangan atas hasil distribusi yang dilakukan di HKTI di berbagai daerah mengenai penggunaan ivermectin dalam menangani Covid-19.

Ivermectin

Tangerang, Jakarta Timur, Depok, Bekasi, menghasilkan kemanjuran yang hampir di seluruh daerah mendekati 100 persen untuk menurunkan Covid-19. Di Semarang Timur, kasus Covid-19 sebanyak 40 orang, semuanya bisa diselesaikan. Sragen juga sama, sebanyak 25 orang. Di Kudus 13 orang, semuanya bisa diselamatkan, ujar Moeldoko, dalam sesi Virtual Press Conference, Senin (28/6/2021).

Melihat data-data tersebut, HKTI cukup optimis bahwa ivermectin bisa menjadi salah satu solusi obat yang efektif untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Selain itu HKTI pun telah melakukan pengkajian dari penelitian dan rekomendasi dengan berbagai dokter di luar negeri yang telah merekomendasikan ivermectin di negaranya.

Ke depannya HKTI akan terus berkomitmen melayani kebutuhan masyarakat, antara lain merencanakan tindakan strategis melalui kegiatan pembagian ivermectin kepada seluruh anggota HKTI di berbagai daerah khususnya di zona hitam dan zona merah, sambungnya.

Meski demikian, Moeldoko juga menekankan sikap kehati-hatian dan kritis terhadap masyarakat yang menggunakan ivermectin sebagai terapi pengobatan Covid-19. Sebab penggunaan obat baru adalah suatu hal yang penting.

Saya berharap seluruh elemen pemerintah dan seluruh masyarakat, mari kita bersama-sama dapat bergerak cepat dan tepat di masa pandemi Covid-19, tuntasnya.

Artikel Asli